NOVI, SUCINING PUJI (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS XI SMK NEGERI H MOENADI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
4. SKRIPSI NOVI SUCINING PUJI final-1.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Puji, Novi Sucining. 2024. Peran Guru Pendidikan Pancasila dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas XI SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing utama: Dr. Sutomo, M. Pd., Pembimbing Pendamping Dra. Sri Widayati, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program Pelaksanaan P5 yang telah dilaksankaan di SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Fokus dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas XI SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci peran Guru Pendidikan Pancasila dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas XI SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SMK Negeri H Moenadi Ungaran yang beralamat di Jl. DI. Panjaitan No.9, Tarubudaya, Bandarjo, Kec. Ungaran Barat. Kabupaten Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh peneliti dari observasi dan wawancara. Sumber data skunder diperoleh peneliti dari dokumentasi kegiatan P5, Modul P5. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Guru Pendidikan Pancasila (PP) P5 tema suara demokrasi memiliki peran sebagai pembimbing dengan melakukan bimbingan dan arahan kepada peserta didik. Guru PP sebagai pengawas berperan memastikan peserta didik melaksanakan dan mengikuti projek melalui absensi selama projek, memperhatikan keaktifan peserta didik dan mengawasi tugas yang telah dilaksanakan oleh peserta didik. Guru PP sebagai pendorong memiliki peran untuk memberikan motivasi kepada peserta didik. Peran Guru PP dalam penyusunan perencanaan suara demokrasi yaitu Guru PP tidak terlibat dalam menyusun perencanaan projek karena dalam penyusunan projek dilakukan oleh koordinator P5 dan didiskusikan dan disetujui oleh Waka Kurikulum dan Kepala Sekolah. Guru PP berperan sebagai evaluator dengan cara menilai peserta didik. Peran Guru PP dalam P5 tema kebekerjaan memiliki peran sebagai pembimbing dengan melakukan bimbingan dan arahan kepada peserta didik. Guru PP sebagai pengawas berperan memastikan peserta didik melaksanakan dan mengikuti projek melalui absensi selama projek, memperhatikan keaktifan peserta didik dan mengawasi tugas yang telah dilaksanakan oleh peserta didik. Guru PP sebagai pendorong memiliki peran untuk memberikan motivasi kepada peserta didik. Peran Guru PP dalam penyusunan perencanaan yaitu Guru PP tidak terlibat dalam menyusun perencanaan projek karena penyusunan projek dilakukan oleh koordinator P5 dan didiskusikan dan disetujui oleh Waka Kurikulum dan Kepala Sekolah. Guru PP berperan sebagai evaluator dengan cara menilai peserta didik dan melakukan tindak lanjut. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | . Dimas Triatmaja |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:22 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:22 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |