PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIREJO 02 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

AYUM, PUJIATI (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIREJO 02 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
3. SKRIPSI_AYUM PUJIATI_20320054.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pujiati, Ayum. 2024. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalirejo 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedndidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Sri Widayati, M.Si., Pembimbing Pendamping: Atrianing Yessi Wijayanti, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan karena beberapa hal, seperti pembelajaran yang berlangsung hanya berpusat pada guru dan juga hanya didasarkan pada buku teks, metode mengajar lebih banyak menggunakan metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa merasa bosan. Rumusan masalahnya yaitu Adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran Quiz Team terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri Kalirejo 02. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Quiz Team terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri Kalirejo 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalirejo 02 Ungaran Timur, variabel bebas dengan simbol X yaitu metode pembelajaran quiz team dan variabel terikat dengan simbol Y yaitu motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalirejo 02 yang berjumlah 46 siswa, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan melibatkan semua kelas IV, yaitu kelas IVA sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol (tidak mendapat perlakuan) dan Kelas IVB sebanyak 23 siswa sebagai sebagai kelas eksperimen (mendapat perlakuan). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan melalui beberapa uji diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas, kemudian teknik analisis data dengan uji korelasi biserial dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Quiz Team memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri Kalirejo 02. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan uji t, yaitu dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,616 > 2,015). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalirejo 02. Kata kunci: metode pembelajaran quiz team, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:18
Last Modified: 25 Nov 2024 04:18
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item