ANALISIS EMPATI SISWA MELALUI PENGHAYATAN MAKNA TEMBANG JAWA GUGUR GUNUNG PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS III SD NEGERI KUPANG 02 KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

INNAKA, ANISTYA SEPTIANA (2024) ANALISIS EMPATI SISWA MELALUI PENGHAYATAN MAKNA TEMBANG JAWA GUGUR GUNUNG PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS III SD NEGERI KUPANG 02 KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
2. Skripsi Innaka Anistya S._19320072-Analisis Empati Siswa Melalui Penghayatan Makna Tembang Jawa G.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Innaka Anistya Septiana. 2024. Analisis Empati Siswa Melalui Penghayatan Makna Tembang Jawa Gugur Gunung Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas III SD Negeri Kupang 02 Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika. Universitas Darul Ulum Islam Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Puji Winarti, S.Pd, M.Pd. Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, S.Sn, M.Pd. Penelitian ini menekankan urgensi pembentukan empati sejak dini di sekolah dasar sebagai respons terhadap kurangnya nilai empati di kalangan siswa, yang dipengaruhi oleh perubahan zaman dan dampak teknologi yang mengarah pada perilaku kurang menghargai, individualisme, dan kurangnya kepedulian. Untuk mengatasi tantangan ini, pendidikan yang mengedepankan empati sangat diperlukan. Pembelajaran Bahasa Jawa, khususnya melalui konsep unggahungguh yang mencakup sopan santun dan etika, memiliki peran signifikan dalam membentuk empati siswa. Penggunaan media seperti tembang Jawa Gugur Gunung, mampu menyampaikan nilai-nilai moral dan mengajarkan empati melalui nilai-nilai kerja sama, gotong royong, kerukunan, dan keikhlasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan triangulasi teknik yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara untuk memvalidasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa, sekitar 70% aktif terlibat dalam kegiatan kerja sama dengan menunjukkan dukungan moral dalam berbagai aktivitas. Lebih dari 85% hingga 90% siswa secara konsisten berpartisipasi dalam gotong royong, yang memperkuat rasa kebersamaan di antara mereka. Sekitar 75% hingga 80% siswa juga sering menunjukkan sikap rukun dan saling menghormati, mencerminkan hubungan yang baik. Mayoritas siswa, sekitar 85% hingga 95%, menunjukkan sikap ikhlas dalam membantu sesama tanpa mengharapkan imbalan. Dengan demikian, penggunaan tembang Jawa "Gugur Gunung" dalam pembelajaran Bahasa Jawa sangat efektif dalam meningkatkan empati siswa. Pembelajaran berbasis kearifan lokal ini tidak hanya memperkaya pemahaman siswa tentang nilai-nilai budaya Jawa tetapi juga memperkuat karakter mereka, menjadikan mereka individu yang lebih empatik dan berkarakter baik. Kata kunci: empati, tembang Jawa, gugur gunung, bahasa jawa, kerja sama, gotong royong, kerukunan, ikhlas

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:14
Last Modified: 25 Nov 2024 04:14
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item