IMPLEMENTASI MODERASI KEHIDUPAN BERAGAMA DI SMA NEGERI 12 KOTA SEMARANG

SAFIRA SALSABILA, SAFIRA SALSABILA (2024) IMPLEMENTASI MODERASI KEHIDUPAN BERAGAMA DI SMA NEGERI 12 KOTA SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
30. SAFIRA-_-ACC.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salsabila, Safira, 2024. Implementasi Moderasi Kehidupan Beragama di SMA Negeri 12 Kota Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing utama: Dr. Sutomo, S.Pd., M.Pd., Pembimbing pendamping: Alil Rinenggo, M. P.d. Penelitian ini dilatarbelakangi adannya penerapan Rencana Penerapan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2024 terkait moderasi agama untuk meningkatkan indeks kerukunan antara umat beragama. SMA Negeri 12 Kota Semarang memiliki keberagaman agama yaitu 1) Agama Islam; 2) Agama Kristen; dan 3) Agama Katolik menjadikan sekolah tersebut sebagai salah satu target dari sasaran RPJMN 2024 untuk meningkatkan indeks kerukunan antara umat beragama melalui pendidikan. Fokus dan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan secara rinci mengenai implementasi moderasi kehidupan beragama di SMA Negeri 12 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 12 Kota Semarang yang beralamat di Jl. Raya Gunung Pati, Plalangan, Kec. Gunung. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Peneliti berperan mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Satuan analisis dalam penelitian ini yaitu implementasi moderasi kehidupan beragama di SMA Negeri 12 Kota Semarang berupa penanaman wawasan dan kegiatan dari sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif yang kemudian pada keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Tahap penelitian ini meliputi tahap invention, discovery, dan explanation. Hasil peneliian menunjukkan bahwa penerapan moderasi di SMA Negeri 12 Kota Semarang telah dilakukan dengan baik, hal ini bisa dilihat dari tercapainya indikator moderasi yaitu 1) Komitmen Kebangsaan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5, pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP), pembelajaran Agama, upacara bendera dan, kemah karakter; 2) Toleransi adanya P5, pembelajaran materi dari PP, pembelajaran Agama dan PP dan, program GSS (Gerakan Sekolah Sehat) dan Satuan Pendidikan Ramah Anak (SPRA); 3) AntiKekerasan adanya P5 dan penindakan hukuman berupa peringatan, dinasehati, pengurangan poin, dan mediasi dengan hasil kasus yang tidak bisa ditangani dikeluarkan dari sekolah; 4) Akomodasi Budaya Lokal adanya P5 dan kegiatan ekstrakulikuler berupa seni tari tradisonal. Kata Kunci : Moderasi, Moderasi Beragama, Multikultural

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:17
Last Modified: 25 Nov 2024 03:17
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item