ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN TAHUBAXO IBU PUDJI CABANG SIDOMULYO

Muhammad Wahyud, Muhammad Wahyud (2024) ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN TAHUBAXO IBU PUDJI CABANG SIDOMULYO. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
29. Muhammad Wahyudi - NPM 18510015.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan. Meningkatnya intensitas persaingan dari pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh pesaing. Untuk mendapatkan kesuksesan dalam melakukan bisnis tersebut tentu memerlukan sebuah strategi dalam meningkatkan minat pembelian konsumen Hal ini bertujuan untuk menarik konsumen dan mempertahankan posisi unggul di pasar. Tahubaxo Ibu Pudji merupakan salah satu usaha dagang yang bergerak dibidang food and beverage. Outlet Tahubaxo Ibu Pudji memiliki letak yang sangat strategis yaitu di pinggir jalan raya dan juga terletak di jalur exit tol Ungaran tepatnya di Jl. Jend. Suprapto No. 24, dengan letak yang strategis terssebut memudahkan Tahubaxo Ibu Pudji untuk memiliki banyak konsumen dari dalam maupun luar kota. Perkembangan Tahubaxo Ibu Pudji yang kurang baik diduga disebabkan oleh beberapa faktor sehingga mempengaruhi volume penjualan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi terhadap Volume Penjulan TahuBaxo Ibu Pudji. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 23. Analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, korelasi sederhana, korelasi berganda, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji T dan uji F. Hasil analisa menunjukkan nilai thitung variabel Harga adalah sebesar (4.082> ttabel (1.984) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Volume Penjualan TahuBaxo Ibu Pudji. Variabel Kualitas Pelayanan menghasilkan nilai thitung sebesar (3.314> ttabel (1.984) dan nilai signifikan (0,001<0,05) yang artinya bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan TahuBaxo Ibu Pudji. Variabel Promosi menghasilkan nilai thitung sebesar (3.949> ttabel (1.984) dan nilai signifikan (0,000<0,05) yang artinya bahwa variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel Volume Penjualan TahuBaxo Ibu Pudji. Dari pengujian semua variabel independen secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 54.250 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 serta koefisien determinasi yakni 0,557 yang berarti bahwa volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, promosi dan promosi sebesar 55,7%, sedangkan sisanya sebesar 44,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi dan Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:14
Last Modified: 25 Nov 2024 03:14
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item