PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRODUCT QUALITY (KUALITAS PRODUK), DAN PRICE FAIRNESS (KEWAJARAN HARGA) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Dwi Arina Manasika, Dwi Arina Manasika (2024) PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRODUCT QUALITY (KUALITAS PRODUK), DAN PRICE FAIRNESS (KEWAJARAN HARGA) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
26. DWI ARINA_20510036.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan salah satu alasan dimana konsumen memutuskan untuk berbelanja pada suatu tempat. Apabila konsumen merasa puas dengan suatu produk, mereka cenderung akan terus membeli dan menggunakannya serta memberitahukan orang lain tentang pengalaman mereka yang menyenangkan dengan produk tersebut. Adapun GAP dalam penelitian ini yaitu usaha yang didirikan hanya mengedepakan kualitas produk yang dirasa masih kurang dalam segi rasa maupun tampilan, sehingga perlu adanya tambahan suasana cafe yang positif dan menyenangkan serta penyesuaian harga yang wajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atsmophere, product quality, dan price fairness terhadap kepuasan konsumen pada cafe Joglo Turen Sari di Desa Brongkol Kecamatan Jambu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer, data primer ini berupa jawaban dari responden yang didapat dari pengisian kuesioner yang diberikan kepada konsumen café tersebut melalui Google Form. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen cafe Joglo Turen Sari di Desa Brongkol Kecamatan Jambu yang tentunya sesuai dengan kriteria responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 96 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel secara kebetulan (Accidental), di mana siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika memenuhi kriteria yang ditetapkan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Smart PLS 4.0, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reabilitas, uji multikolinearitas, uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Hasil analaisa menunjukan bahwa variabel store atmosphere menghasilkan nilai nilai Original Sampel 0,098 nilai P value sebesar 0,375 > 0,05 dan nilai Tstatistics sebesar 0,886 < ttabel 1,986 yang artinya secara parsial store atmosphere tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel product quality menghasilkan nilai Original Sampel 0,348 nilai P value sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai T-statistics sebesar 3,172 > ttabel 1,986 yang artinya secara parsial product quality berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel price fairness menghasilkan nilai Original Sampel 0,486 nilai P value sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai T-statistics sebesar 4,085 > ttabel 1,986 yang artinya secara parsial price fairness berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari pengujian variabel independen secara parsial diperoleh nilai P value sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 87,98 > Ftabel 3,10 yang artinya secara simultan variabel store atmosphere, product quality dan price fairness berpengaruh kepuasan konsumen. Kata kunci: kepuasan konsumen, store atmosphere, product quality, price fairness

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2024 05:21
Last Modified: 20 Nov 2024 05:21
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item