Mega Prastuti, Mega Prastuti (2024) PENGARUH FASILITAS WISATA, HARGA, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI WISATA BUKIT CINTA. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
18. Mega Prastuti.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diperkirakan menjadi salah satu motor penggerak bisnis di Indonesia, pengelola tempat wisata harus memperhatikan seperti pelayanan, obyek wisata, daya tarik wisata dan fasilitas ditempat wisata. Ketidakpuasan pengunjung memiliki beberapa masalah yang ditemui seperti toiletnya yang masih kurang bersih. Harga tiket masuk wisata belum termasuk dengan objek. Petugas penjual tiket hanya terdapat satu.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Wisata, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Diwisata Bukit Cinta. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan hasil perhitungan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 25. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan: Uji instrument terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, Uji korelasi sederhana dan korelasi berganda, Uji regresi terdiri dari regresi sederhana dan regresi berganda, Uji determinasi, Uji t, Uji F. Dari penelitian menunjukan bahwa fasilitas wisata memiliki nilai thitung 3,123 > ttabel 1,985 dan memiliki nilai signifikan 0,002 < 0,05 yang berarti variabel fasilitas wisata berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung di wisata Bukit Cinta Banyubiru. Sehingga Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Variabel harga memiliki nilai nilai thitung 0,259 lebih kecil dari pada ttabel 1,985 dan memiliki nilai signifikan 0,796 > 0,05 yang berarti harga tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung di wisata bukit cinta banyubiru. Sehingga Ha2 tidak diterima dan Ho2 diterima. Variabel kualitas pelayanan memiliki niali thitung 0,345 lebih kecil dari pada ttabel 1,985 dan memiliki nilai signifikan 0,731 > 0,05 yang berarti kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung di wisata Bukit Cinta Banyubiru. Sehingga Ha3 tidak diterima dan Ho3 diterima. Variabel fasilitas wisata, harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai Fhitung 27,291 lebih besar dari pada Ftabel 2,70 ( 27,291 > 2,70 ) dan memiliki nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,005 ( 0,000 < 0,05 ) yang berarti secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung di wisata bukit cinta banyubiru. Sehingga Ha4 diterima dan Ho4 ditolak. Kata kunci : Fasilitas Wisata, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengujung
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:47 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:47 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |