PENGARUH VIRAL MARKETING, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, DAN FLASH SALE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KABUPATEN SEMARANG

Farah Salsabilla Khalda, Farah Salsabilla Khalda (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, DAN FLASH SALE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
7. Farah Salsabilla Khalda.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Impulsive Buying adalah pembelian yang dilakukan tanpa ada perencanaan. Fenomena tersebut banyak dialami oleh masyarakat karena pesatnya teknologi khususnya internet, hal tersebut berpengaruh pada bidang ekonomi yang kemudian memicu banyak munculnya platform jual beli atau disebut e-commerce merupakan wadah memasarkan produk dengan tidak mempertemukan pembeli dan penjual secara langsung akan tetapi secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh viral marketing, hedonic shopping motivation, dan flash sale terhadap impulsive buying pada pengguna e-commerce shopee di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah sampling yaitu nonprobability sampling dan metode yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kabupaten Semarang yang berbelanja online di e-commerce Shopee. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, dengan sumber data primer dari penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan berupa: uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi sederhana dan berganda, uji regresi linier sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F, dengan program pengolah data yaitu SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa viral marketing memperoleh t hitung sebesar – 2,299 > t tabel sebesar 1,985 dengan nilai probabilitas sebesar 0,026 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Variabel Hedonic Shopping Motivation memperoleh nilai t hitung sebesar 3,273 > t tabel sebesar, 1,985 dengan nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Variabel Flash Sale memperoleh t hitung sebesar 2,810 > 1,985 dengan nilai probablilitas sebesar 0,006 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji F diperoleh dari F hitung 11,879 > F tabel sebesar 3,09dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 dapat dikatakan bahwa Viral Marketing (X1), Hedonic Shopping Motivation (X2), dan Flash Sale (X3) secara simultan berpengaruh terhadap Impulsive Buying pada engguna E-commerce Shoppe di Kabupaten Semarang. Kata kunci: Impulsive Buying, Viral Marketing, Hedonic Shopping Motivation, Flash Sale

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:40
Last Modified: 20 Nov 2024 03:40
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item