PENGARUH KOMPETENSI, FASILITAS KANTOR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR DESA KESENENG KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Wahyu Nur Hidayat, Wahyu Nur Hidayat (2024) PENGARUH KOMPETENSI, FASILITAS KANTOR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR DESA KESENENG KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
6. WAHYU NUR HIDAYAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, baik itu pusat maupun daerah. Pihak instansi atau organisasi publik dituntut untuk dapat memberikan perbaikan mutu dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Gap atau kesenjangan yang terjadi tentang kualitas pelayanan perangkat desa Keseneng adalah pelayanan yang diberikan kurang memberikan kepuasan. Selain itu pelayanan yang diberikan juga membutuhkan waktu yang lama tanpa memberi kepastian waktu. Goetsch dan Davis dalam Hartono (2023) menyatakan bahwa, “Kualitas pelayanan merupakan kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan”. Menurut Mochamad Andi Septiono (2017) menyatakan kualitas pelayanan dapat di pengaruhi oleh Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai dan Fasilitas Kantor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, fasilitas kantor dan disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Keseneng, dari umur 17-45 tahun yang berjumlah 574 keluarga / 1664 jiwa orang dengan jumlah sampel 94 orang. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji korelasi, uji regresi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil analisa menunjukkan nilai t hitung variabel kompetensi adalah sebesar (5,129) > t tabel (2,280) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa kompetensi berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Keseneng. Variabel fasilitas kantor menghasilkan nilai t hitung sebesar (3,596) > t tabel (2,280) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel fasilitas kantor berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Keseneng. Variabel disiplin kerja menghasilkan nilai t hitung sebesar (11,386) > t tabel (2,280) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Keseneng. Dari pengujian semua variabel independen secara simultan diperoleh nilai F hitung sebesar 165,871 > F tabel sebesar 2,71 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05, maka menunjukkan bahwa variabel kompetensi, fasilitas kantor dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan perangkat desa Keseneng. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi, fasilitas kantor, dan disiplin kerja berpengaruh secara secara parsial dan secara simultan terhadap kualitas pelayanan. Kata kunci: Kompetensi, Fas ilitas Kan tor, d is ip li n k erja, d an Ku alitas Pelay an an .

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:36
Last Modified: 20 Nov 2024 03:36
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item