Nining Indri Astuti, Nining Indri Astuti (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
31. NINING.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK NINING INDRI ASTUTI. Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dilakukan dengan asumsi dasar dari berbagai Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memahami perilaku secara alami dari sebuah fenomena sosial. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta penggunaan Teknik triangulasi untuk memeriksa keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa yang berdampak posistif pada pembentukan akhlak dan semangat belajar siswa. Beberapa strategi yang efektif diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam antara lain dengan penanaman semangat belajar, motivasi berorientasi masa depan, evaluasi berkala. (2) Faktor pendukung yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa yang signifikan adalah minat dan kemauan belajar siswa itu sendiri, dan ketersediaan fasilitas belajar yang memadai. Faktor penghambat yang dihadapi guru PAI ialah dari pengaruh lingkungan keluarga dan Masyarakat yang kurang mendukung, serta kemudahan akses terhadap gadget yang dapat mengalihkan perhatian siswa. Kata Kunci: guru PAI, motivasi belajar, siswa SMK, strategi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:27 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:27 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |