Ulfa Nadhiroh, Ulfa Nadhiroh (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KESADARAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JAMBU TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
30. ULFA NADHIROH.pdf Download (2MB) |
Abstract
BSTRAK ULFA NADHIROH. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kesadran Sosial pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Dalam kehidupan bersosial manusia harus sadar akan pentingnya saling menghormati, mengasihi dan peduli terhadap berbagai macam keadaan disekitarnya. Kesadaran sosial diartikan sebagai suatu pemahaman terhadap situasi dan kondisi sosial yang terjadi di sekelilingnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan kesadaran sosial pada siswa maka dibutuhkan peran guru agar penanaman kesadran sosial pada siswa dapat maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kesadaran sosial pada siswa dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penanaman kesadaran sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jambu. tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam mendapatkan temuan penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan kesadaran sosial ada 4, yaitu: (1) guru sebagai pendidik dan pengajar, yaitu sebagai pendidik dan pengajar dalam menanamkan kesadaran sosial guru menyampaikan materi dan mengaitkan dengan kehidupan nyata, menjadi contoh melakukan pembiasaan, dan memberikan motivasi. (2) guru sebagai anggota masyarakat yaitu dengan menjadi pemimpin dan panutan bagi siswa dan menjadi agen pembaruan di masyarakat. (3) sebagai administrator yaitu menjadi pengarah, inisiatif dan penilai suatu kegiatan seperti memberikan pengajaran, memberikan solusi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan menegakkan displin dan mewariskan budaya yang baik kepada siswa. (4) sebagai pengelola pembelajaran yaitu dengan memelihara lingkungan kelas dan memberikan bimbingan kepada siswa seperti menanamkan sikap jujur, saling tolong menolong, toleransi beragama, me nghormati orang lain dan yang lebih tua, toleransi beragama, dan menegakkan rasa disiplin. Adapun faktor yang mempengaruhi penanaman kesadaran sosial pada siswa ada faktor pendukung yaitu peran orang tua dan peran guru. Faktor penghambat yaitu faktor internal siswa, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Kata kunci : Peran guru, Pendidikan Agama Islam, kesadaran sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:24 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:24 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |