IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION, COMMUNICATION, AND TECHNOLOGY) DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MA DARUL MA’ARIF PRINGAPUS KECAMATAN PRINGAPUS TAHUN, KABUPATEN SEMARANG PELAJARAN 2024/2025

Siti Halimah, Siti Halimah (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION, COMMUNICATION, AND TECHNOLOGY) DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MA DARUL MA’ARIF PRINGAPUS KECAMATAN PRINGAPUS TAHUN, KABUPATEN SEMARANG PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
29. Siti Halimah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SITI HALIMAH. Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia Kelas X MAS Darul Ma’arif Pringapus. Skripsi Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2024. Pembelajaran berbasis ICT ialah aktifitas pembelajaran yang menggunakan media berbasis ICT,seperti LCD Proyektor, speaker, laptop,HP,video pembelajaran dll. Pembelajaran berbasis ICT ini sangatlah penting karena bisa membuat suasana pembelajaran tidak monoton.Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sering mebuat siswa bosan,karena guru dalam penyampainya terkesan monoton hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi. Maka dari itu penggunaan media ICT sangatlah penting dalam pembelajaran,selain membuat suasana tidak monoton, siswa lebih mudah dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X MAS Darul Ma’arif Pringapus tahun pelajaran 2023/2024 (2) untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat implementasi pembelajaran berbasis ICT pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MAS Darul Ma’arif Pringapus tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwaa, aktivitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MAS Darul Ma’arif Pringapus Tahun Pelajaran 2024/2025 melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam pelaksanaanya guru menggunakan media pembelajaran berbasis ICT yaitu Power point, LCD Proyektor, smartphone, dan koneksi internet. Selain itu guru juga tetap menggunakan metode ceramah dan diskusi(2) Adapun faktor pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MAS Darul Ma’arif Pringapus Tahun Pelajaran 2024/2025 yaitu pendidik yang paham mengenai media pembelajaran berbasis ICT, sekolah yang memfasilitasi adanya koneksi internet ( wifi), dan disediakannya LCD proyektor di sekolah. Selain itu, faktor penghambatnya yaitu ketersediaan LCD Proyektor yang terbatas karena disetiap kelas tidak disediakan LCD Proyektor, kendala lainnya terkadang ada gangguan di jaringan internetnya. Kata kunci: Pembelajaran berbasis ICT, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:21
Last Modified: 18 Nov 2024 02:21
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item