Fatna Alfi Arozaqi, Fatna Alfi Arozaqi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP MANBA’ULQUR’AN DUSUN LARANGAN DESA WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
28. Fatna Alfi.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK FATNA ALFI AROZAQI. Model Pembelajaran Students TeamsAchivement Divisions ( STAD) Dalam Pembelajaran Fikih kelas VIII di MADRASAH Tsanawiyah Satu Atap Manba’ul Qur’an Dusun Larangan Desa wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang tahun 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Dalam pembelajaran Fikih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Manba’ul Qur’an Dusun Larangan, Desa Wonoyoso, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, tahun ajaran 2024/2025, terdapat kendala berupa kurangnya partisipasi siswa dan rendahnya hasil belajar akibat model pembelajaran konvensional yang kurang efektif. Untuk mengatasi hal ini, digunakan model pembelajaran Students Teams-Achievement Divisions (STAD) yang lebih interaktif dan kolaboratif guna meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran STAD di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Manba’ul Qur'an; (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model Students Teams-Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Fikih di tahun ajaran 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru Fikih, observasi kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi terkait penerapan model pembelajaran Student Teams-Achivement Divitions (STAD). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan model pembelajaran Student Teams-Achivement Divitions (STAD) terdiri dari 3 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan Guru menyiapkan rangkaian pembelajaran dan pembagian setiap kelompok. Dalam tahap pelaksanaan Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, pembelajaran dengan kegiatan kelompok, guru melaksanakan tes individu pembelajaran terhadap peserta didik, guru melakukan perhitungan skor dari kelompok dan individu, guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang memiliki skor tertinggi. Dalam tahap evaluasi diadakannya pengumpulan tugas dan pemberian kuis individu untuk mengukur pemahaman siswa. (2) Faktor pendukung pembelajaran Students Teams-Achievement Divisions (STAD) di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Manba’ul Qur’an adalah ketersediaan buku paket dan LKS bagi setiap peserta didik, sehingga memudahkan mereka mempelajari dan mengerjakan soal. Faktor penghambatnya adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, seperti LCD, secara maksimal. Kata kunci : Pembelajaran Students Teams-Achievement Divisions (STAD), Fikih, Kelas VIII
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:17 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |