Emy Makhfiaty, Emy Makhfiaty (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS XI DI SMK NU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
26. EMY MAGHFIATY.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK EMY MAKHFIATY. Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Kelas XI di SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi nilainilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XI di SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XI di SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XI di SMK NU Ungaran adalah: (1) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas XI di SMK NU Ungaran dengan melalui tahap proses pembelajaran, a) perencanaan yaitu dengan membuat modul ajar/ RPP dan menyelipkan muatan moderasi beragama, b) pelaksanaan proses pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup, c) evaluasi dengan penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ada juga penanaman nilainilai tawassuth (mengambil jalan tengah), tawazun (berkeseimbangan), i’tidal (keadilan), tasamuh (toleransi), musawah (persamaan), dan syura (musyawarah). Implementasi yang lain dengan menggunakan indikator moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti radikalisme dan kekerasan, dan akomatif terhadap budaya lokal. (2) Faktor pendukung: a) SDM yang baik dan fasilitas yang memadai. b) kegiatan ekstrakurikuler yang inklusif dan menghargai keberagamaan. c) pendidik yang kompeten. Sedangkan faktor penghambat yakni: a) pengaruh media sosial yang menyebarkan berita-berita hoax, negatif, hasutan, dan ekstremisme agama, serta b) minimnya literasi. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:33 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:33 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |