Fitri Hidayah, Fitri Hidayah (2024) POLA ASUH ORANG TUA BURUH PABRIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI DESA PASEKAN, KECAMATAN AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text (FAKULTAS AGAMA ISLAM)
25. Fitri Hidayah.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Hidayah, Pola asuh Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Islam pada Anak di Desa Pasekan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang (Studi kasus pada satu keluarga Buruh Pabrik di Desa Pasekan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang Tahun 2024). Skripsi. UngaranProdi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Pola asuh orang tua adalah bentuk perilaku orang tua untuk mendidik anak dengan berbagai cara dalam upaya menanamkan, membimbing dan membiasakan anak melakukan berbagai kegiatan yang baik dan menjauhi larangan-Nya berdasarkan nilai-nilai agama Islam. Nilai-nilai agama Islam bersumber dan berakar dari keimanan terhadap Tuhan, YA. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1)Untuk mengetahui bagaimana gambaran pola asuh yang digunakan Orang Tua Buruh Pabrik dalam Menanamkan Nilai-Nilai AgamaIslam, (2) Untuk mengetahui problematika yang ditemui pada Orang Tua Buruh Pabrik dalam Menanamkan Nilai-NilaI Agama Islam pada Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana metode ini menggambarkan objek sesuai keadaan dilapangan dengan apa adanya. Peneliti meneliti objek ilmiah atau fakta yang terjadi dilapangan sehingga informasi yang di dapatkan dapat terbaca secara langsung dan nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola Asuh Orang Tua Buruh Pabrik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Islam pada Anak (Studi pada satu keluarga buruh pabrik di Desa Pasekan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang Tahun 2024) adalah : (1) Pola asuh demokratis, memberikan penjelasan dan dengan membebaskan beraktifitas, namun tetap dalam pengawasan, penerapan pola asuh demokratis tersebut menggunakan cara-cara sebagai berikut : (a) Pola asuh dengan meniru dan perilaku orang tua, (b) Pola asuh dengan mengingatkan kewajiban beribadah secara disiplin, (c)Pola asuh dengan mengarahkan anak mengikuti kegiatan mengaji di TPQ yang menjadi pemicu anak untuk memperdalam ilmu agama, (d)Faktor pola asuh yakni Adanya pengaruh guru, teman, dan tempat menuntut ilmu baik itu sekolahan formalmaupun TPQ. Di dalam pola asuh yang diterapkan ditemukan: (2)Problematika atau kendala yang dihadapi di dalam pola asuh yang diterapkan yakni: (a) Kurangnya pengawasan anak oleh orang tuanya sendiri, namun dapat di atasi dengan keluar kerja salah satu orang tua buruh pabrik. (b) Ada rasa malas yang masih dirasakan anak untuk melaksanakan kewajiban beribadah dikarenakanmedia elektronik, namun diatasi dengan kerelaan salah satu keluar kerja untuk mengasuh anak, dan sang ayah yang selalu mengjak anak sholat subuh berjamah secara disiplin. Kata kunci : Pola asuh orang tua, nilai-nilai agama islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:21 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:21 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |