IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SYI’IR KITAB MITRA SEJATI KARYA KH. BISRI MUSTHOFA DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUSY SYIFA’ DESA KARANGMALANG KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Alfi Nafi Surrohman, Alfi Nafi Surrohman (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SYI’IR KITAB MITRA SEJATI KARYA KH. BISRI MUSTHOFA DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUSY SYIFA’ DESA KARANGMALANG KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
24. Alfi Nafi.pdf

Download (2MB)

Abstract

BSTRAK ALFI NAFI SURROHMAN. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Syi’ir Kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa di Pondok Pesantren Roudlotusy Syifa’ Desa Karangmalang Kecamatan Mijen Kota Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan dari penelitian ini, 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak di pondok pesantren Roudlotusy Syifa’ berdasarkan kitab Syi’ir Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa tahun Pelajaran 2024/2025 2)Untuk mengetahui apa saja raktor pendukung dan raktor penghambat dalam penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak di pondok pesantren Roudlotusy Syifa’ berdasarkan kitab Syi’ir Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa tahun Pelajaran 2024/2025 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dimana penelitian ini memiliki sifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dari data yang ditemukan dilapangan secara nyata. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dimana diambil dari sebuah dokumentasi dari kitab Mitra Sejati, dan kemudian di implementasikan kedalam lembaga Pendidikan pondok pesantren. Tehnik analisis data yang digunakan yang dengana mereduksi setiap data kemudian penyajian data dan di akhiri dengan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Syi’ir Kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa di Pondok Pesantren Roudlotusy Syifa’terbentuk dalam tiga cara yaitu: a) Perencanaan, yang di ambil dari materi pembahasan pada saat proses pengajaran dengan menggunakan pedoman pembahasan sesuai materi yang akan disampaikan, b) Pelaksanaan, pada saat pelaksanaan mengacu pada perencanaan yang sudah tersusun dengan tujuan agar apa yang di sampaikan bisa selaras sesuai teori yang akan disampaikan dan tidak melebar kemana-mana. c) evaluasi, dari evaluasi ini akan di hasilkan hal-hal yang perlu menjadi pembenahan dalam proses pengajian, sehingga akan di dapatkan Solusi apa yang akan di lakukan untuk mengatasi 2) Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penelitian ini, pada faktor pendukung terdapat dua faktor yang berasal dari dalam diri santri sendiri juga berasal dari lingkungan luar, dan sebaliknya pada faktor penghambat juga terdapat faktor-faktor yang berasal dari diri santri sendiri yang di perkuat oleh lingkungan luar. Kata kunci : nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam kitab Mitra Sejati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:11
Last Modified: 13 Nov 2024 04:11
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item