IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Difa Kamalia Zulfa, Difa Kamalia Zulfa (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
22. DIFA KAMALIA ZULFA.pdf

Download (3MB)

Abstract

BSTRAK Difa Kamalia Zulfa. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII di SMA Negeri 2 Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. SMA Negeri 2 Ungaran sebagai sekolah penggerak pertama di Kabupaten Semarang dalam memulai penerapan Kurikulum Merdeka tentunya bukan hal yang mudah, peralihan dari kurikulum yang lama ke kurikulum baru memerlukan persiapan yang matang. Situasi ini merupakan tantangan besar bagi sekolah untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan optimal. Dalam mencapai keberhasilan tersebut, tentunya dijumpai berbagai macam kendala yang menghambat maupun faktor yang dapat mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui; (1) implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu dengan mereduksi data, mendisplay data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2024/2025 melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) Adapun faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Ungaran yaitu adanya guru penggerak, Kombel, PMM, serta dana bantuan khusus dari pemerintah. Selain itu, faktor penghambatnya di antaranya yaitu, kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik, perbedaan kemampuan yang dimiliki peserta didik, ketidaksesuaian antara perhitungan minggu efektif dengan pelaksanaan pembelajaran, pemahaman guru yang belum utuh terkait Kurikulum Merdeka, belum adanya perubahan yang signifikan pada penerapan sehari-hari peserta didik, serta peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang topik tertentu. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:03
Last Modified: 13 Nov 2024 04:03
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item