IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KAJIAN SENIN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK KASIH MESRA DEMAK TAHUN 2024

Elsa Nur Cholada, Elsa Nur Cholada (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KAJIAN SENIN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK KASIH MESRA DEMAK TAHUN 2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
21. Elsa Nur Cholada.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ELSA NUR CHOLADA. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kajian Senin di Panti Pelayanan Sosial Anak Kasih Mesra Demak Tahun 2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Banyak anak-anak maupun remaja yang mempunyai ilmu dan cukup wawasan namun nihil dalam penerapan, yang mana hal tersebut menjadi perhatian penting dalam dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kajian Senin di PPSA Kasih Mesra Demak tahun 2024, (2) implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kajian Senin di PPSA Kasih Mesra Demak tahun 2024, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di PPSA Kasih Mesra Demak tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang didapat anak asuh dalam kegiatan kajian Senin di PPSA Kasih Mesra Demak dalam membangun karakter anak asuh yaitu nilai toleransi, produktif, disiplin, tanggung jawab, dan semangat belajar. (2) Bentuk implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kajian Senin dapat ditanamkan anak asuh dalam berbagai kegiatan di panti. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di PPSA Kasih Mesra Demak yaitu faktor dari dalam dan luar anak asuh. Faktor pendukung dan penghambat dari dalam yaitu ada atau tidak adanya kesadaran dan upaya pada diri anak asuh serta karakter yang dimiliki anak asuh di panti. Faktor pendukung dan penghambat dari luar meliputi: kerja sama pengasuh, program kegiatan di panti, latar belakang keluarga, lingkungan sekolah, dan kelompok teman sebaya. Kata kunci: Implementasi nilai Pendidikan Agama Islam, Kajian, Panti

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:54
Last Modified: 13 Nov 2024 03:54
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item