INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA DI SMA N 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023/2024

Hanif Hijbullah Karim, Hanif Hijbullah Karim (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA DI SMA N 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
19. Hanif Hijbullah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK HANIF HIJBULLAH KARIM. Internalisasi Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstrakulikuler Keagamaan Untuk Menumbuhkan Karakter Islami Pada Siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa Pahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penghayatan nilainilai pendidikan agama Islam melalui ekstrakurikuler keagamaan untuk menumbuhkan karakter Islami di SMA Negeri 1 ambarawa Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui Bagaimana proses kegiatan ekstrakulikuler keagamaan di SMA N 1 Ambarawa tahun ajaran 2023/2024; 2). Untuk mengetahui karakter islami pada siswa di SMA N 1 Ambarawa tahun ajaran 2023/2024; 3). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui ekstrakurikuler keagamaan dalam menumbuhkan karakter Islami pada siswa di SMA N 1 Ambarawa tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam mendapatkan temuan penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kegiatan ekstrakulikuler yang rutin di laksanakan di SMA N 1 Ambarawa di bagi menjadi tiga yaitu kegiatan harian, kegiatan mingguan dan kegiatan tahunan. Bentuk kegiatan yang dilakukannya dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam yakni tadarus qur’an, shalat dzuhur berjamaah, tahsin qur’an, jum’at imtaq, infaq jum’at, hadroh, halaqoh, peringatan hari besar Islam; 2). Karakter islami pada siswa di SMA N 1 Ambarawa. Penerapan Sekolah Adipangastuti menerapkan delapan pilar hasthalaku. Yaitu, gotong royong, guyub rukun, grapyak semanak, lembah manah, ewuh pekewuh, pangerten, andap asor dan tepo sliro dalam proses penghayatan nilai-nilai pendidikan agama Islam, selain mempelajari teori ilmuilmu pendidikan siswa juga dapat mempraktekan atau mengaplikasikannya dengan cara pembiasaan diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sesuai dengan syari’at Islam; 3). Proses Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dengan penekanan terhadap pendidikan penumbuhan karakter dilakukan secara perlahan dan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, transaksi adalah metode keteladanan, qishah atau cerita, pembiasaan, koreksi dan pengawasan, serta hukuman. Kata kunci : Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter Islami, Ekstrakurikuler Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:27
Last Modified: 13 Nov 2024 03:27
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item