IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-ISLAH GENUK UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH TAHUN 2024

Nadhira Putri Fidiyanti, Nadhira Putri Fidiyanti (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-ISLAH GENUK UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH TAHUN 2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
18. Nadhira Putri Fidiyanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NADHIRA PUTRI FIDIYANTI. Implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di TPQ Al-Islah Jalan Genuk Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun Ajar 2024. Skripsi. Ungaran Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di TPQ Al-Islah Jalan Genuk Ungaran Barat Kabupaten Semarang Jawa Tengah tahun Ajar 2024. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemebelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di TPQ Al-Islah Jalan Genuk Ungaran Barat Kabupaten Semarang Jawa Tengah tahun Ajar 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yakni dilaksanakan menggunakan asumsi dasar dengan berbagai teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memahami perilaku dari sebuah fenomena sosial. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta penggunaan teknik triangulasi untuk memeriksa keabsahan data penelitian. Hasil dalam penelitian tentang Implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di TPQ Al-islah jalan genuk uangaran barat kabupaten semarang jawa Tengah tahun 2024 ialah 1) Pada tahap perencanaan dan pelaksanaan ustadz dan ustadzah mengkondisikan kelas, berdo’a, dan membaca surat- surat pendek bersama-sama, setelah itu menyapa siswa, membuka pembelajaran dengan Motivasi supaya siswa semangat dan fokus dalam pelaksanaan pembelajaran Kegiatan inti, dalam hal ini siswa membaca bersama-sama secara klasikal bersama setelah itu santri dipanggil satu persatu untuk membaca secara talaqi atau sorogan dengan membawa jilid Qiro’ati yang dimiliki siswa. 2) Faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran metode Qiro’ati di TPQ Al-Islah yaitu kurangnya Ustadz ustadzah khusus yang mengajar metode tersebut, Sedangkan faktor pendukung yakni sudah adanya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai agar para ustad, ustadzah dan para santri lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut. Kata Kunci : Implementasi, Metode Qiro’at

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:22
Last Modified: 13 Nov 2024 03:22
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item