IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQH WANITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN THAHARAH PADA SANTRIWATI DI PONPES AL IKHLASH GOWONGAN

Miftahur Rohmah, Miftahur Rohmah (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQH WANITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN THAHARAH PADA SANTRIWATI DI PONPES AL IKHLASH GOWONGAN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
16.Miftahur.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MIFTAHUR ROHMAH. Implementasi Pembelajaran Fiqh Wanita di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Gowongan. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Sebagai santri di pondok pesantren Al-Ikhlas Gowongan memiliki pemahaman fiqh wanita yang sudah cukup mencerminkan sebagai seorang santriwati. Sebagaimana pengajar yang memberikan materi mengenai fiqh Wanita dengan mencapai tujuannya. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pembelajaran fiqh wanita dalam meningkatkan pemahaman thaharah pada santriwati di ponpes al-ikhlas gowongan, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran fiqh wanita dalam meningkatkan pemahaman thaharah santriwati di ponpes gowongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditunjukan untuk mendekripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap kepercayaan, dan pemikiran orang lain secara individual maupun kelompok, sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data dan mengambilkan Kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi pembelajarn Fiqih wanita di pondok pesantren Al-Ikhlas Gowongan menerapkan beberapa tahapan, yakni: (1) implementasi pembelajaran fiqh wanita di pondok pesantren Al-ikhlas gowongan memiliki tiga tahapan yaitu: perencanaa, pelaksaan dan evaluasi. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran fiqh di pondok pesantren Al-Ikhlas gowongan yaitu: Faktor pendukung dalam pembelajaran fiqh wanita di pondok pesantren Al-Ikhlas dengan adanya aturan mewajibkan semua santriwati mengikuti pembelajaran fiqh wanita, selain itu faktor pendukung lain ustadzah menyampaikan kepada santriwati untuk tanya jawab diluar pembelajaran saat berlangsung, Adapun beberapa santriwati sebelum belajar fiqh wanita di ponpes Al-Ikhlas mereka sudah mempelajari di pondok pesantren sebelumya. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran fiqh wanita di pondok pesantren Al-Ikhlas yaitu pembelajaran kurang kondusif karena sebagain santri masih menjalankan ro’an (piket), kuranya antusias santriwati dalam mengikuti pembelajaran karena jam pelaksanaan pembelajaran yang kurang kondusif, selain itu kurangnya pemahaman santriwati dalam materi istihaadah dan nifas, mereka mengungkap hal itu sangat sulit dipahami dan belum pernah mengalaminya. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Fiqh Wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:12
Last Modified: 13 Nov 2024 03:12
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item