Fatchul Hidayah, Fatchul Hidayah (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD PLUS TAHFIZHUL QURAN (PTQ) ANNIDA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
15. Fatchul Hidayah.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK FATCHUL HIDAYAH. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Pendidikan Islam erat hubungannya dengan Pancasila, karena nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagian besar sesuai dengan ajaran Islam, atau dengan kata lain nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila sangat sejalan dengan nilai-nilai Pendidikan Islam. Siswa harus dikenalkan dengan nilai-nilai Pendidikan Islam agar nantinya nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta nilai agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1)Untuk mengetahui Implementasi Nilainilai Pendidikan Agama Islam dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025 2) faktor pendukung dan penghambatnya kegiatan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif Deskriptif dengan analisis field research, sumber data berasal dari sumber data premier dan sekunder, Adapun pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan tehnik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025 terdiri dari tiga tahapan, yaitu: 1) perencanaan, dengan menyusun perangkat-perangkat yang digunakan sebelum kegiatan P5 berlangsung. Pelaksanaan, dalam pelaksanaan perangkat-perangkat yang digunakan harus sesuai tema P5 yang disepakati, sehingga kegiatan dapat lebih terarah, dan evaluasi, hal ini dilakukan agarapa yang sudah terlaksanakan dapat menjadi masukan untuk kegiatan berikutnya. 2) faktor pendukungnya yaitu: peran pihak sekolah, peran guru , antusiasme, kreatifitas dan keaktifan siswa, pemanfaatan teknologi yang tepat, dan peran orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: faktor internal siswa, sarana prasarana sekolah, dan waktu pelaksanaan P5 yang relatif singkat. Kata kunci : Implementasi, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ,P5
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:08 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:08 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
View Item |