PERAN KEPALA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH NURUL JANNAH KECAMATAN BERGAS TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Kafi Nadhifah, Kafi Nadhifah (2024) PERAN KEPALA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH NURUL JANNAH KECAMATAN BERGAS TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
14. Kafi Nadhifah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KAFI NADHIFAH. Peran Kepala Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Jannah Wujil Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan Islam non formal yang pelaksanaan pembelajarannya di lakukan pada sore hari dan fungsinya sebagai pelengkap pendidikan Agama Islam bagi masyarakat. Kebanyakan masyarakat menyekolahkan anaknya di sekolahan umum yang pendidikan Agamanya hanya dapat diperoleh setiap seminggu sekali saja. Adanya Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Jannah Wujil merupakan sebagai suatu alternatif pendidikan Agama Islam di masyarakat Desa Wujil tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran kepala madrasah diniyah takmiliyah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Jannah Wujil; (2) Untuk mengetahui mutu pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Jannah Wujil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis keadaan yang diamati dilapangan, menggambarkan fenomena atau kenyataaan yang ada, peristiwa, sikap, persepsi, kepercayaan, aktifitas sosial baik bersifat alami maupun rekayasa manusia. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data. Penyajian data dan menarik kesimpulan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Jannah Wujil, Kepala Madrasah Diniyah tidak hanya menjadi kepala madrasah, namun juga mempunyai peran yang lain untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam, yaiatu berperan sebagai ; Educator,,Manager, Administrator, Supervisor , Leader, Inovator , Motivator. (2) Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Jannah Wujil mengacu pada Standadar Nasional Pendidikan (SNP). Standar tersebut adalah ; Standar Kompetensi Lulusan , Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian , Standar Pendidik dan Tenaga Kpenedidikan, Standar Sarana dan Prasarana , Standar Pengelolaaan , Standar Pembiyaan Kata kunci: Peran Kepala Madrasah Diniyah, Mutu Pendidikan Agam Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:02
Last Modified: 13 Nov 2024 03:02
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item