Yuliani Wahyu Ananda, Yuliani Wahyu Ananda (2024) KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK AL-HIKMAH DESA BAKALREJO, KECAMATAN GUNTUR, KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
12. Yuliani Ananda.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK YULIANI WAHYU ANANDA. Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas X Tata Busana SMK AlHikmah Desa Bakalrejo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan penelitian ini adalah 1). Kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa kelas X Tata Busana SMK Al-Hikmah Desa Bakalrejo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. 2). Metode apa saja yang digunaka dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa kelas X Tata Busana SMK Al-Hikmah Desa Bakalrejo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. 3). Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa kelas X Tata Busana SMK Al-Hikmah Desa Bakalrejo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus di SMK Al-Hikmah Bakalrejo. Data diperoleh dengan analisis (field research), menggunakan sumber data premier dan sekunder, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian adalah 1). Kontribusi guru Pendidikan agama Islam dalam menembangkan kecerdasan spiritual siswa sangat signifikan. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moral siswa. 2). Metode yang sering digunakan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan metode ceramah, terkadang juga membuat kelompok presentasi serta tanya jawab. 3). Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa adalah kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, dan siswa. Serta dengan adanya teknologi di zaman sekarang yang mendukung berjalannya pembelajaran. Faktor penghambatnya siswa yang merasa jenuh dengan pembelajaran metode ceramah, jadi selaku guru Pendidikan Agama Islam harus mengetahui keinginan yang diinginkan siswa, karena dalam mengembangkan kecerdasan spiritual tidak hanya tentang akhlak namun antusias siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual, Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:53 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:53 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
View Item |