IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN KEBONDOWO 01 KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Ika Fitriyani, Ika Fitriyani (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN KEBONDOWO 01 KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
8. IKA FITRIYANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IKA FITRIYANI. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pengembangan Soft Skill Dan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Kebondowo 01 Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025 Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran bagi peranannya dimasa yang akan datang. Dalam penerapan kurikulum merdeka, peserta didik dituntut untuk mampu membentuk atau melaksanakan suatu proyek. Salah satu kegiatan proyek kurikulum merdeka adalah melaksanakan proyek memperkuat profil pelajar Pancasila. Proyek penguatan kegiatan profil pelajar Pancasila (P5). Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila kelas 4 SDN Kebondowo 01. 2) Mengetahui pelaksaan projek penguatan profil pelajar pancasila kelas 4 SDN Kebondowo 01. 3) Mengetahui evaluasi implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila kelas 4 SDN Kebondowo 01. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SDN Kebondowo 01 Kelas 4. Jumlah keseluruhan adalah 20 siswa, terdiri dari 14 putra dan 6 putri. Sumber data yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam peneliti ini mengumpulkan data dengan, observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penyajian data yang diperoleh, 1) perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila kelas 4 SDN Kebondowo 01 sudah terlaksana cukup baik dengan tema kearifan lokal, hal ini upaya guru PAI dalam mengembangkan karakter dan Soft Skill agar peserta didik mengalami perubahan yang baik, didukung dengan wali kelas, wali murid dan kepala sekolah dalam mensukseskan P5. 2) Pelaksanaan P5 dan peran guru PAI adalah dengan melakukan pembiasaan seperti shalat dhuha, Asmaul Huna, Surat pendek, dan mengaji. ini dilakukan setiap minggu untuk meningkatkan karakter dan pengembangan soft skill peserta didik. 3) evaluasi implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 4 SDN Kebondowo 01 evaluasi tidak dilakukan oleh siswa tetapi juga terhadap orang tua, guru agar proyek P5 dapat terus ditingkatkan kualitasnya dan memberikan manfaat yang optimal bagi siswa. Sebagai kepala sekolah diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran dengan optimal dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kurikulum Merdeka, Bagi guru PAI dan wali kelas, diharapkan terus memberikan pembelajaran yang baik dan berdiferensiasi, Bagi siswa, diharapkan terus belajar untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan memiliki karakter yang baik. Kata Kunci: P5, Soft Skill, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:24
Last Modified: 08 Nov 2024 03:24
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item