Aulia Shalma Malika, Aulia Shalma Malika (2024) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 UNGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
7. Aulia.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK AULIA SHALMA MALIKA. Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Ungaran. Skripsi. Ungaran prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan Upaya sistematis untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran guna mencapai hasil Pendidikan yang optimal. Proses ini melibatkan berbagai strategi, mulai dari perencanaan kurikulum yang relevan, pengembangan kompetensi pendidik, hingga evaluasi dan penyesuaian metode pembelajaran. Peneliti bertujuan untuk mengetahui : 1). Manajemen peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Ungaran. 2) yaitu faktor pendukung dan penghambat peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Manajemen peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Ungaran menerapkan dua tujuan yaitu planning (perencanaan) guru harus sesuai dengan kompetensi, guru melakukan perencanaan, guru memahami CP dan ATP, organizing (pengorganisasian) di dalamnya terdapat pembagian jadwal mengajar dan pengelolaan kelas, actuating (pelaksanaan) yang dimulai dari tahap pembelajaran, penggunaan metode, penggunaan media dan penggunaan sumber ajar, controlling (pengawasan) yang dilaksanakan dengan evaluasi dalam hasil pembelajaran dan proses pembelajaran. 2). faktor pendukung: fasilitas yang disediakan sekolah sudah memadahi semua sehingga siswa dan guru bisa belajar dengan maksimal. Faktor penghambat: kemalasan siswa dalam mengikuti pembelajaran karena lebih mementingkan game online dan kurangnya memadahi fasilitas mushola sehingga siswa harus bergantian saat jamaah. Kata kunci: Manajemen, mutu, pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:20 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:20 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |