Richa Alifiya Rizqi, Richa Alifiya Rizqi (2024) PERAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMK NEGERI 1 BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
6. RICHA ALIFIYA RIZQI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK RICHA ALIFIYA RIZQI. Peran Kompetensi Leadership Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Religius di SMK Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Fenomena sekolah berbasis kejuruan atau SMK pada umumnya tidak begitu memperhatikan aspek religius pada warga sekolah nya. SMK dikenal hanya berfokus pada pengembangan skill siswanya. Keberadaan guru Pendidikan Agama Islam dengan kompetensi leadership-nya diharapkan dapat membantu meningkatkan kebiasaan budaya religius di sekolah di mana ia berada. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya religius di SMK Negeri 1 Bawen; (2) Untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan budaya religius di SMK Negeri 1 Bawen; (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapakan kompetensi leadership di SMK Negeri 1 Bawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya religius di SMK Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang adalah: (1) Peran kompetensi leadership guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan budaya religius antara lain sebagai guru penggerak dan juga berperan dalam penentuan strategi dalam meningkatkan budaya religius. (2) Strategi dalam meningkatkan budaya religius di SMK Negeri 1 Bawen antara lain melalui kegiatan keislaman. (3) Dalam menerapkan kompetensi leadership terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah peran kepala sekolah dalam penjaminan akses fasilitas, guru pendidikan agama islam yang menjadi teladan bagi warga sekolah Adapun faktor penghambatnya anatara lain wali murid yang kurang terlibat dalam kegiatan pendidikan anak dan peserta didik yang kurang disiplin. Kata kunci: Peran Guru PAI, Kompetensi Leadership, Budaya Religius.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:15 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:15 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |