IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PONDOK PESANTREN DI SMP PESANTREN UNGGULAN AT TAUFIIQIYYAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Agus Maemun Ali, Agus Maemun Ali (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PONDOK PESANTREN DI SMP PESANTREN UNGGULAN AT TAUFIIQIYYAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
4. AGUS MAEMUN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AGUS MAEMUN ALI. Implementasi Pendidikan Islam Berbasis Pondok Pesantren di SMP Pesantren Unggulan At Taufiiqiyyah Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Pendidikan Islam berbasis pondok pesantren merupakan pendidikan integrasi yang menggabungkan pelaksanaan sistem persekolahan yang mengembangkan kemampuan sains dan keterampilan dengan pelaksanaan sistem pesantren yang mengembangkan sikap dan praktik keagamaan, peningkatan moralitas dan kemandirian dalam hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) untuk mengetahui implementasi pendidikan Islam berbasis pondok pesantren di SMP Pesantren Unggulan At Taufiiqiyyah Brabo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2024/2025; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan Islam berbasis pondok pesantren di SMP Pesantren Unggulan At Taufiiqiyyah Brabo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Pesantren Unggulan At Taufiiqiyyah Brabo Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2024/2025. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendidikan Islam berbasis pondok pesantren meliputi bidang kurikulum, metode pembelajaran, pengasuh atau guru, serta lingkungan. (2) Faktor pendukung meliputi: kemudahan dalam pengawasan, optimalisasi pembinaan dan pelayanan, pembentukan kemandirian dan kedewasaan, efisiensi pekerjaan orang tua, efektifitas transportasi, terjalinnya interaksi antara siswa dan guru, dan penanaman nilainilai akhlak dan ibadah juga lebih intensif diberikan kepada siswa. Faktor penghambat meliputi: terbatasnya cakupan kurikulum, terbatasnya sumber daya, terbatasnya kesiapan untuk dunia kerja, kurangnya pembelajaran yang interaktif, terbatasnya ketersediaan fasilitas dan dana, kurangnya tenaga pengajar yang berkualitas, dan lingkungan yang tidak kondusif. Kata kunci: Pendidikan Islam, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:03
Last Modified: 08 Nov 2024 03:03
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item