Hanif Adityassari, Hanif Adityassari (2024) PENGARUH AKSES INTERNET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KUPANG 02 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022-2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
3. HANIF ADITYASARI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Hanif Adityassari. Pengaruh Akses Internet Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Kupang 02 Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022-2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) akses internet di SD Negeri Kupang 02 Ambarawa Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022-2023, (2) aktivitas belajar mengajar peserta didik di SD Negeri Kupang 02 Ambarawa Tahun Ajaran 2022-2023, (3) pengaruh akses internet terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kupang 02 Ambarawa Kab. Semarang tahun pelajaran 2022-2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Kupang 02 Ambarawa Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022-2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. .Metode ini sebagai metode ilmiah/ scientific karena telah memenuhi kaidahkaidah ilmiah yaitu konkrit/ empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Hasil penelitian ini adalah (1) akses internet yang terdapat pada SD Negeri Kupang 02 Ambarawa kategori baik, dengan kekuatan sinyal mencapai 50 mbps, memperlancar akses internet dan jarang terjadi masalah/ kesalahan sistem. (2) Aktivitas belajar mengajar yang terdapat pada SD Negeri Kupang 02 Ambarawa sudah berjalan dengan baik, dengan menggunakan model pembelajaran yang tidak membosankan peserta didik dan memanfaatkan media yang ada di sekolah agar peserta didik merasa tertarik dan materi pembelajaran tersampaikan dengan baik. Diketahui bahwa nilai R Square 0,935 artinya 93,5 % total variable x berpengaruh terhadap variabel y, sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. (3) Akses internet berpengaruh 93,5% terhadap aktivitas belajar. Saran untuk peserta didik diharapkan untuk lebih bisa mengakses internet untuk kepentingan pembelajaran. Kata kunci: akses internet, aktivitas belajar, PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 02:58 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |