Khafidul Majid, Khafidul Majid (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN PADA JAMA’AH PENGAJIAN ASY-SYIFA KELURAHAN GENUK KECAMATAN UNGARAN BARAT TAHUN 2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
2. Khafidul Majid.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK KHAFIDUL MAJID. Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Pada Jama’ah Pengajian Asy-Syifa Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan dari penelitian ini, adalah: (1) Untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Pada Jama’ah Pengajian Asy-Syifa Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2024. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Pada Jama’ah Pengajian Asy-Syifa Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research. yang mana cenderung menggunakan analisis dari data yang ditemukan dilapangan secara nyata. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan tiga tahapan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yang dengana mereduksi setiap data kemudian penyajian data dan di akhiri dengan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi PAI dalam meningkatkan pemahaman keagamaan pada jama’ah pengajian Asy-Syifa terdapat tiga metode dalam pemahaman keagamaan di pengajian majelis Asy-Syifa yaitu: a) Perencanaan, yang di ambil dari materi pembahasan pada saat proses pengajian dengan menggunakan pedoman sub pembahasan sesuai jadwal pengajian, b) Pelaksanaan, pada pelaksanaan ini mengacu pada perencanaan yang sudah tersusun dengan tujuan agar apa yang di sampaikan bisa selaras sesuai teori yang materi. c) evaluasi, dari evaluasi ini akan di hasilkan hal-hal yang perlu menjadi pembenahan dalam proses pengajian, sehingga akan di dapatkan Solusi apa yang akan di lakukan untuk mengatasi persoalan tersebut. 2) Berikutnya faktor pendukung dan penghambat dalam pemahamaan keagaan diantaranya, Adapun factor pendukung yaitu: a) adanya tanggungjawab dari semua pihak, b) adanya Kerjasama yang baik antara semua kalangan, c) adanya dukungan dari berbagai tokoh Masyarakat, d) pelaksanaan dilaksanakan secara rutin. Factor penghambatnya yaitu: a) banyaknya aktivitas diluar kegiatan, b) cuaca yang tidak bisa ditentukan, c) kurangnya waktu pengajian, d) terbatasnya tempat untuk pengajian. Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Pemahaman Keagamaan, Majelis AsySyifa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 02:52 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 02:52 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |