IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TURJUMAN ALQUR’AN METODE UMMI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM HIDAYATULLAH BANYUMANIK TAHUN 2024

Lilik Karimul Akbar, Lilik Karimul Akbar (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TURJUMAN ALQUR’AN METODE UMMI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM HIDAYATULLAH BANYUMANIK TAHUN 2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
1. Lilik Karimul Akbar.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK LILIK KARIMUL AKBAR. Implementasi Pembelajaran Turjuman Al-Qur’an Metode Ummi pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Tahun 2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis terhadap implementasi pembelajaran turjuman Al-Qur’an metode ummi pada siswa kelas VII SMP Islam Hidayatullah Banyumanik. Di sekolah ini, implementasi pembelajaran Turjuman menjadi salah satu mata pelajaran penting untuk meningkatkan pengetahuan mengenai arti perkata dan perkalimat ayat, doa ataupun hadits yang dihafalkan, yang mana belum banyak diterapkan di sekolahsekolah formal lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran turjuman Al-Qur’an metode Ummi pada siswa kelas VII SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Tahun 2024, dan (2) Mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi pembelajaran turjuman Al-Qur’an metode Ummi pada siswa kelas VII SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Tahun 2024. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Subjek penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan secara interaktif yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran turjuman Al-Qur’an metode Ummi pada siswa kelas VII SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Tahun 2024 mengikuti tiga tahapan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran turjuman Al-Qur’an metode Ummi ini meliputi kompetensi guru dan manajemen kelas yang baik, tersedianya buku ajar guru dan pegangan siswa,fasilitas ipad dan video panduan, suasana belajar yang menyenangkan, lingkungan belajar yang kondusif. Adapun faktor penghambatnya meliputi keterbatasan waktu, kelompok yang kurang ideal dan beda tingkat jilidnya, hambatan teknis saat proses pembelajaran bersama-sama dalam satu lokasi. Kata kunci: Pembelajaran, Turjuman Al-Qur’an, Metode Ummi

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:48
Last Modified: 08 Nov 2024 02:48
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item