Ahmad Zaki Mubarok, Ahmad Zaki Mubarok (2024) IMPLEMENTASI KITAB TAISȊRUL KHOLLÂQ DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs YASPI PAKIS KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
33.SKRIPSI_Ahmad Zaki Mubarok.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK AHMAD ZAKI MUBAROK. 20.61.0058. Implementasi Kitab Taisȋrul Khollâq Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Yaspi Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran. Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Implementasi Kitab Taisȋrul Khollâq Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Yaspi Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang dalam kehidupan sehari-hari peserta didik; (2) Perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di MTs Yaspi Pakis; dan (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan dengan jenis studi kasus. Instrumen kuncinya adalah peneliti sendiri, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kitab Taisȋrul Khollâq di MTs Yaspi Pakis dilakukan dengan cara melakukan pembiasaan keseharian anak didik juga tak lupa melakukan pengawasan serta pengarahan. Dilakukan sebagai salah tujuannya untuk membentengi anak didik dari efek negatif modernisasi. (2) Perilaku sehari-hari Siswa Kelas VIII di MTs Yaspi Pakis tahun pelajaran 2023/2024 adalah berhubungan langsung dengan semangat belajar dan interaksi dalam kegiatan sehari-hari. Terlihat jelas bagaimana latar belakang kehidupan yang berbeda-beda dari siswa berpengaruh pada keberagaman perilaku mereka. (3) Faktor pendukung terlaksananya implementasi kitab Taisȋrul Khollâq dalam pembentukan akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Yaspi Pakis diantaranya adalah partisipasi orang tua, komitmen para pendidik, lingkungan hidup yang positif dan pendekatan interaktif terhadap anak didik. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya adalah adanya modernisasi budaya yang dibawa masuk kedalam Madrasah Tsanawiyah sedang hal itu belum tentu sesuai dengan budaya madrasah, keberagaman karakter anak didik dan komunikasi yang tertutup dengan orang tua anak didik. Kata kunci: Implementasi, Kitab Taisȋrul Khollâq, Perilaku Peserta Didik, Kehidupan Sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:12 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:12 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |