Ahmad Ridwan, Ahmad Ridwan (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ALALAWIYAH AL-AWWALIYAH KORIPAN DAWUNG TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2024 ( Studi Kasus Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Al-Alawiyah AlAwwliyah Dalam Mepersiapkan Santri Di Kehidupan Bermasyarkar). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
34.SKRIPSI_Ahmad Ridwan.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK AHMAD RIDWAN. Manajemen pendidikan pondok pesantren Al-Alawiyah AlAwwaliyah Koripan Dawung Tegalrejo Magelang Tahun 2023 (studi kasus manajemen pendidikan pondok pesantren Al-Alawiyah Al-Awwaliyah dalam mempersiapkan santri di kehidupan bermasyarakat) Masyarakat seringkali tidak memperhatikan bagaimana sebuah pembelajaran di pondok pesantren diselenggarakan. Bahkan pihak pesantren sendiri dalam menyelenggarakan pembelajaran tidak menyadari jika sedang menggunakan manajemen. Sebagaimana di pondok pesantren AL-Alawiyah AL-Awwaliya yang banyak dikenal bagus oleh masyarakat karena kualitas santri yang sangat bailk.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tujuan penelitian ini. 1). Mengetahui manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Al-Alawiyah Al-Awwaliyah Koripan Dawung Tegalrejo Magelang Tahun 2024. 2). Faktor Pendukung adalah segala hal yang akan membantu atau dapat mendukung terhadap keberhasilan pelaksanaan program pendidikan dan dalam mencapai tujuan. Sedangkan faktor penghambat adalah segala hal yang dapat mempengaruhi, memperlambat kinerja pelaksanaan pendidikan dan dalam meraih tujuan dalam manajemen pendidikan di pondok pesantren Al-Alawiyah Al-Awwaliyah Koripan Dawung Tegalrejo Magelang tahun 2024 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa manajemen pendidikan sudah berjalan dengan baik, melalui penyeleksian serta pembagian kelompok bimbingan sesuai dengan kemapuan santri, setelah itu pengelompokan untuk pembagian tugas dalam kegiatan, pembagian tugas secara individu sebelum kegiatan berlangsung, kemudian mengawasi serta mengevaluasi setelah kegiatan Muhadhoroh berlangsung. Adapun faktor pendukung adalah segala hal yang akan membantu atau dapat mendukung terhadap keberhasilan pelaksanaan program pendidikan dan dalam mencapai tujuan dan faktor penghambat adalah segala hal yang dapat mempengaruhi, memperlambat kinerja pelaksanaan pendidikan dan dalam meraih tujuan penghambat dalam manajemen pendidikan ini agar berjalan dengan baik yaitu dengan adanya pengasuh yang berkompeten di bidang kegiatan muhadhoroh, metode yang variatif, dan motivasi yang tinggi. Kata kunci: Manajemen, pendidikan, AL-Alawiyah AL-Awwaliya , Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:09 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:09 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |