Chusni Mubarokah, Chusni Mubarokah (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA TERHADAP KEMAMPUAN HAFALAN SERTA PEMAHAMAN ALQUR’AN PADA SISWA KELAS VI MI YAKTI KEBONAGUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
35. CHUSNI MUBAROKAH (20610071).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK CHUSNI MUBAROKAH. Implementasi Metode Ummi dalam Menghafal Juz ‘Amma Terhadap Kemampuan Hafalan Serta Pemahaman AlQur’an pada Siswa Kelas VI MI Yakti Kebonagung Tahun 2023/2024. (Studi Kasus di MI Yakti Kebonagung Tegalrejo). Skripsi. Umgaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Pembelajaran Al-Qur’an yang optimal akan melahirkan generasi Qur’ani yang mampu memakmurkan bumi dengan Al-Qur’an dan menyelamatkan peradaban dunia di masa mendatang. Mengingat pentingnya pembelajaran AlQur’an, Rasulullah Saw. Menganjurkan pembelajaran Al-Qur’an dimulai sejak masa kanak-kanak karena pada masa itu terkandung potensi belajar yang sangat kuat dan besar. Anak akan sangat peka menangkap sesuatu yang diperintahkan dan diajarkan sehingga mudah menerima pelajaran-pelajaran yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hafalan Juz ‘amma siswa kelas VI MI Yakti Kebonagung tahun 2023/2024.(2) Untuk mengetahui pemahaman AlQur’an siswa kelas VI MI Yakti Kebonagung tahun 2023/2024.(3) Untuk mengetahui implementasi metode Ummi siswa kelas VI MI Yakti Kebonagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis Analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan metode Ummi dalam meningkatkan hafalan Juz ‘amma pada siswa kelas VI cukup berhasil. Karena metode Ummi ini cukup efektif dalam meningkatkan hafalan Juz ‘amma dimana dalam pencapaiannya sebagian besar siswa-siswi dapat menyelesaikan juz 30 dalam kurun waktu 2 tahun. (2) Pemahaman Al-Qur’an peserta didik setelah adanya progran tahfidz Juz ‘amma Metode Ummi bahwa otak seseorang semakin sering digunakan untuk menghafal, maka semakin mudah untuk digunakan menghafal juga. Tidak hanya Juz Amma tetapi juga dalam materi pelajaran yang lain. Hal tersebut juga dirasakan peserta didik mereka menjadi lebih mudah dalam menghafal juga memahami bacaan hukum tajwid, panjang pendek bacaan yang sesuai, juga mudah menyerap materi pelajaran Al-Qur’an Hadits. (3) Implementasi metode Ummi dalam menghafal Juz ‘amma terhadapkemampuan hafalan serta pemahaman Al-Qur’an pada siswa kelas VI MI Yakti Kebonagung dalam pelaksanaannya menggunakan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan menghafal, dan hasilnya menunjukkan nilai kemampuan menghafal yang sangat baik, fasih, dan benar. Komponenpembelajaran dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi sudah sesuai dengan fungsinya masingmasing. Model-model pembelajaran, evaluasi peserta didik serta pengajaran metode Ummi sudah terlaksana dengan baik. Kata kunci : Metode Ummi, Menghafal Juz ‘Amma, Pemahaman Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Guru MI. |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:05 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:05 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1682 |
Actions (login required)
View Item |