Riskhi Rianti, Riskhi Rianti (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA NEGERI 2 GRABAG TAHUN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
38. Skripsi_Riskhi Rianti.pdf Download (1MB) |
Abstract
BSTRAK Rianti,Riskhi.2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMA Negeri 2 Grabag Magelang pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui Implemetasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas X di SMA Negeri 2 Grabag Tahun 2023/2024; (2) untuk mengetahui faktor pendorong keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di kelas X SMA Negeri 2 Grabag Tahun 2023/2024; (3) Untuk mengetahui permasalahan pada implementasi kurikulum dan upaya mengatasi permasalahan pada penerapan Kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 2 Grabag Tahun 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. yang digunakan untuk mendeskripsikan dan mamahami sebuah masalah, dengan menggunakan metode kualitatif dapat menghasilkan data secara mendalam dari sebuah masalah, penelitianya bersifat secara umum sehingga dapat berubah sesuai dengan keadaan lapangan, lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Grabag, Magelang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 2 Grabag Tahun 2023/2024 sudah berjalan dengan baik. Mulai dari persiapan guru PAI mengikuti arahan dari kepala sekolah dan waka kurikulum serta mengikuti kegiatan yang bisa mengembangkan pengetahuan tentang iplemetasi kurikulum merdeka. Sama seperti proses pembelajaran yang lain terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, kemudian di luar pembelajaran peserta didik melakukan kegiatan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). (2) Upaya pendorong keberhasilan adalah dorongan dan monitoring dari kepala sekolah, pelatihan-pelatihan yang untuk menunjang pengetahuan guru serta tersedianya PMM oleh pemerintah dan kemauan guru PAI itu sendiri untuk mempelajari asesmen. (3) Permasalahan di SMA Negeri 2 Grabag adalah mentransformasi pembelajaran terdiferensiasi dan sarana dan prasara yang kurang memadai. Sehingga dilakukan penanganan oleh SMA Negeri 2 Grabag untuk memotivasi guru di PMM, memenuhi sarana dan prasarana , memotivasi siswa dan rencana akan melibatkan orang tua ke dalam projek kelas. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Pendorong, Permasalahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |