PERAN GURU PAI DALAM PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS X APHP B DI SMK NEGERI 1 BAWEN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Rifki Afansyah, Rifki Afansyah (2024) PERAN GURU PAI DALAM PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS X APHP B DI SMK NEGERI 1 BAWEN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
42.SKRIPSI_Rifki Afansyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK RIFKI AFANSYAH. Peran Guru Pai Dalam Pemanfaatan Masjid Sebagai Sarana Pembelajaran Pai Pada Siswa Kelas X Aphp B Di SMK Negeri 1 Bawen Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran. Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI pada siswa kelas X APHP B di SMK Negeri 1 Bawen tahun pelajaran 2023/2024. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI pada siswa kelas X APHP B di SMK Negeri 1 Bawen tahun pelajaran 2023/2024. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI pada siswa kelas X APHP B di SMK Negeri 1 Bawen tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (research) yaitu Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara peneliti terjun langsung kelapangan atau tempat penelitian yang akan diteliti terhadap masalah yang akan di teliti.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI pada siswa di SMK Negeri 1 Bawen tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru tidak hanya mengajar materi pembelajaran di kelas namun juga memotivasi siswa dalam belajarnya sehingga guru dapat mengkondusifkan proses pembelajaran, dorongan atau motivasi guru terhadap siswa sangat memicu siswa untuk berpartisipasi aktif dan semangat dalam belajarnya. Pentingnya peran guru dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI sangat penting dan dapat memberikan dampak dan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran PAI dan siswa. (2) Dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI proses pembelajaran lebih efektif dibandingkan di ruang kelas terlihat pada antusias siswa saat pembelajaran di masjid lebih bersemangat dibanding di ruang kelas dikarenakan suasana pembelajaran yang kondusif dan tegang saat pembelajaran dan pendekatan guru terhadap siswa dalam membangun komunikasi dalam pembelajaran lebih mudah sehingga pembelajaran tercipta interaktif. (3) faktor pendukung yaitu Kepala Sekolah, pendidik, peserta didik dan Sarana dan Prasarana yang menunjang. Adapun faktor penghambatnya yaitu pendidik, peserta didik dan lingkungan. Kata Kunci : Peran guru, Pemanfaatan masjid, Pembeajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Nov 2024 01:46
Last Modified: 04 Nov 2024 01:46
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item