Riyanti, Riyanti (2024) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISME DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAKDI KELAS V MI ALMUSTAJAB PRINGAPUS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, undaris.
Text
43.SKRIPSI_Riyanti.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK RIYANTI. Implementasi Teori Belajar Humanisme Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas V Mi Al-Mustajab PringapusTahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran. Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024 . Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi teori belajar humanisme dalam pembelajaran Akidah akhlak di kelas V MI Al-Mustajab Pringapus, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi teori belajar humanisme dalam pembelajaran Akidah akhlak di kelas V MI Al-Mustajab Pringapus, (3) Untuk mengetahui dampak implementasi teori humanisme dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas V MI Al-Mustajab Pringapus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara peneliti meneliti atau menyelidiki fenomena yang merupakan masalah penelitian dengan terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian yang akan diteliti oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai penerapan teori humanisme dalam proses pembelajaran akidah akhlak kelas V MI Al-Mustajab Pringapus baik dari segi perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi dalam proses pembelajaran akidah akhlak menggunakan teori belajar humanisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah(1)Menerapkannya teori belajar humanisme dalam pembelajaran, guru memperhatikan tahap-tahap dalam proses pembelajaran yaitu menentukan tujuan dan materi pembelajaran yang jelas sehingga dapat dipahami oleh peserta didik, kemudian mengidentifikasi terhadap kemampuan peserta didik termasuk menentukan metode dan cara mengajar di kelas disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, menentukan materi pembelajaran yang melibatkan peserta didik partisipasi aktif dalam proses pembelajaran, merancang media pembelajaran dan alat pendukung pembelajaran lainnya yang menunjang sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan diterima serta dipahami peserta didik, membimbing dan memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. (2) Adapun faktor pendukung yaitu faktor Kepala Madrasah, Pendidik, Peserta didik, dan Sarana dan Prasarana yang menunjang dalam pembelajaran.Faktor penghambatnya mencakup faktor dari pendidik, peserta didik maupun sumber belajar. (3) Dampaknya ialah meningkatkan antusias siswa serta motivasi belajar siswa dalam pembelajaran terutama akidah akhlak, meningkatkan rasa percaya diri pada diri siswa serta tidak takut untuk menyampaikan pendapat karena pembelajaran melibatkan partsipasi aktif siswa, membantu siswa mengembangkan bakat dan prestasi sesuai kemampuan dan potensi masing-masing. Kata Kunci : Implementasi, Teori Belajar Humanisme, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 01:38 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 01:38 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1672 |
Actions (login required)
View Item |