Binti Awaliyah, Binti Awaliyah (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ BIL GHOIB SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL HUSNA BANYUMANIK SEMARANG TAHUN 2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
29.SKRIPSI_BINTI AWALIYAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK BINTI AWALIYAH. Penerapan Metode Pembelajaran Tahfidz Bil Ghoib Santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Husna Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Tahun 2024. Metode mempunyai peranan penting dan sangat dibutuhkan, dengan adanya metode keberhasilan belajar mengahafal Al-Qur’an dan meningkatkan hafalannya secara terprogram. Disamping itu juga diharapkan nantinya dapat membantu hafalan menjadi efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Tahfidz bil ghoib bagi santri di pondok pesantren Tahfidz Al-Husna tahun 2024; (2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran Tahfidz bil ghoib santri di pondok pesantren Tahfidz Al Husna tahun 2024. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Husna Kelurahan Srondol Wetan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun 2024. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran Tahfidz bil ghoib dilaksanakan tiga tahap yang meliputi: pertama perencanaan program Tahfidz kedua pelaksanaan program Tahfidz ketiga evaluasi program Tahfidz. Dalam perencanaan program Tahfidz, ada dua tahap yang pertama tes penempatan dan yang kedua pengarahan. Dalam pelaksanaan program Tahfidz data yang didapat hasil wawancara dengan pengajar pada penerapan pembelajaran tahfidz bil ghoib di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Husna menggunakan 5 macam metode yaitu metode Bin nadar, metode wahdah, talaqqi (setoran), metode muroja’ah dan metode tasmi’. Kemudian untuk melihat kualitas santri mengenai ilmu Tahfidz bil ghoib, ustadz atau ustadzah menyimak satu persatu santri-santri dalam pembelajaran tahfidz, dan santri menyetorkan bacaan al-Qur’an yang telah dihafal, kemudian santri mengulang kembali hafalan yang pernah dihafal agar tidak cepat lupa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kelancaran santri sebagai indikator keberhasilan yang telah dilakukan setelah dilaksanakannya program Tahfidz, dilakukan evaluasi, dalam pelaksanaan evaluasi dibagi menjadi kedalam dua tahap, tahap pertama khusus santri tahfidz bil ghoib dan evaluasi ini dilaksanakan satu bulan sekali untuk seluruh santri pondok pesantren Tahfidz Al-Husna baik santri Tahfidz, juz amma, dan bin nadar.(2) Faktor pendukung adalah minat dan kemauan serta motivasi yang tinggi, pengunaan sya’ir lagu, dukungan dari lingkungan. Faktor penghambat adalah Susana belajar yang kurang mendukung, terdapat sebagian santri yang belum memahami dan minimnya waktu yang disediakan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tahfidz, Santri, Pondok Pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 03:44 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 03:44 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |