ANALISIS KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 2 GRABAG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Rofiqotul Ulya, Rofiqotul Ulya (2024) ANALISIS KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 2 GRABAG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
27. Skripsi Rofiqotul Ulya.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ROFIQOTUL ULYA. Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Grabag Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Pendidikan merupakan proses pembelajaran dan pengembangan kemampuan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tujuan utama pendidikan adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menghadapi tantangan serta mencapai keberhasilan di masa depan. Pendidikan yang baik akan menciptakan pola pikir, sikap dan karakter yang baik bagi manusianya. Kegiatan pembelajaran yang baik akan menghasilkan mutu lulusan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui kesiapan guru PAI dalam mengimplementasian kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Grabag tahun pelajaran 2023/2024. (2) mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kesiapan guru PAI dalam mengimplementasian kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Grabag tahun pelajaran 2023/2024. (3) mengetahui solusi mengatasi hambatan kesiapan guru PAI dalam mengimplementasian kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Grabag tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Grabag Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah: (1) Kesiapan guru PAI dakam mengimplementasikan kurikulum merdeka memiliki kesiapan yang cukup baik ditinjau dari 4 indikator kesiapan yakni, kesiapan kognitif, kesiapan fisik, kesiapan psikologis dan kesiapan finansial. (2) Faktor yang menjadi pendukung kesiapan guru PAI dalam mengimlementasikan kurikulum merdeka yaitu: kompetensi guru PAI, sarana dan prasarana sekolah, peran orang tua siswa dan aktivitas peserta didik. Faktor yang menjadi penghambat yaitu: kurangnya pemahaman guru PAI, kompleksitas karakter peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana sekolah, dan ketidakpedulian orang tua. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan kesiapan guru PAI di SMA Negeri 2 Grabag, yaitu: meningkatkan kompetensi guru PAI, meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung, mengadakan pertemuan rutin bersama orang tua siswa, dan melakukan refleksi di akhir pembelajaran. Kata kunci: Kesiapan, Guru PAI, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:33
Last Modified: 17 Oct 2024 03:33
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item