PERAN GURU PPKn DAN PEMBINA PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMK AL MUSTAQIM KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG

Eri Supriyatin, Eri Supriyatin (2023) PERAN GURU PPKn DAN PEMBINA PRAMUKA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMK AL MUSTAQIM KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
1. SKRIPSI - Eri Supriyati - NPM. 19310008.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Supriyatin, Eri. 2024. Peran Guru PPKn dan Pembina Pramuka dalam Pendidikan Karakter Siswa SMK Al Mustaqim Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. H. Abdul Karim, M.H., Pembimbing Pendamping Dra. Sri Widayati, M.Si. Kemerosotan karakter di kalangan generasi muda diperlukan penanganan oleh semua pihak termasuk guru. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peran guru PPKn dan pembina pramuka dalam penanaman karakter siswa pada SMK al-Mustaqim pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dan pembina pramuka dalam penanaman karakter siswa SMK al-Mustaqim Kecamatan Susukan. Setting penelitian ini adalah SMK Al Mustaqim pada bulan Agustus sampai dengan November 2023. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Data dianalisis dengan tahapan kategori data, interpretasi data, analisis data dan tahap pengambilan simpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru PPKn dan pembina pramuka dalam penanaman karakter siswa dilakukan dengan menyampaikan pesan-pesan dan motivasi terkait karakter, memberikan contoh perilaku penerapannya, dan pembiasaan pembiasaan untuk mencapai karakter tersebut. 2) Metode pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru PPKn dan pembina pramuka adalah ceramah dan pemberian contoh perilaku dengan pendekatan perkembangan kognitif. Strategi pendidikan karakter menurut Lickona ditunjukkan dengan moral knowing, moral feeling dan moral acting. 3) Karakter religius yang diterapkan siswa antara lain mengucapkan salam guru, pembina pramuka, dan teman saat datang di sekolah, berjabat tangan kepada guru dan teman ketika tiba di sekolah, membaca Asmaul Husna, berdoa, melaksanakan solat, dzikir dan sholawat. Perilaku disiplin dengan siswa hadir tepat waktu dan memakai pakaian seragam lengkap dan rapi. Karakter peduli sosial antara lain siswa melaksanakan kegiatan bakti sosial dan menjenguk teman yang sakit. Karakter tanggung jawab ditunjukkan siswa dengan mengerjakan piket dan mengumpulkan tugas tepat waktu dan baik. Kata kunci: penanaman karakter, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kepramukaan, religius, disiplin, peduli sosial, tanggung jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:12
Last Modified: 16 Oct 2024 03:12
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item