NURHAYATI, NURHAYATI (2024) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MEMBINA HAFALAN ALQUR’AN SANTRI TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA NGARENAN GENITO KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
Text
44.SKRIPSI_Nurhayati.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK NURHAYATI. Stratregi Guru Tahfidz Dalam Membina Hafalan Alqur’an Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Nurul Huda Ngarenan Genito Windusari Magelang Tahun 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kebiasaan aktivitas tertentu yang dilakukan oleh tiap-tiap lembaga, baik itu lembaga formal maupun nonformal. Aktivitas tersebut dilakukan supaya kualitas pendidikan dan pembelajaran bisa lebih berkembang dari sebelumnya karena memiliki ciri khas/keunikan yang mampu menjadi daya tarik bagi orangtua dan para siswa atau santri untuk belajar dan menjadi keluarga lembaga yang bersangkutan. Fenomena itu salah satunya ialah adanya pembelajaran tahfidzul qur’an, yaitu proses mempelajari Al-Qur’an dengan cara menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Ngarenan Genito Windusari? (2) Bagaimana teknik guru tahfidz dalam membina hafalan AlQur’an santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Ngarenan Genito Windusari? Pendekatan penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan pola penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus yang bersifat naturalistik. Peneliti mendapatkan data berdasarkan data lisan, tingkah laku subjek, dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan pada observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumen. Analisis data penelitian ini mengadopsi dan mengembangkan pola interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu: (1) Reduksi Data (Data Reduction). (2) Penyajian Data (Data Display). (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi (Conclusion Drawing/Verification). Hasil penelitian ini adalah: (1) Hafalan Al-Qur'an santri tahfidz di Pondok Pesantren Nurul Huda Ngarenan Genito Windusari Magelang untuk beberapa santri sudah dalam tergolong baik bahkan ada beberapa santri yang sudah hafal 30 juzz. Dengan demikian dapat di tarik kesimpulan bahwa hafalan santri pada pondok pesantren Nurul Huda sudah sesua meski tidak di target akan tetapi banyak santri yang sudah hafal.. (2) Teknik guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Ngarenan Genito Windusari adalah ODOP (One Day xvii One Page) dan ODOA (One Day One Ayat). Metode guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Ngarenan Genito Windusari adalah dengan metode muraja’ah, murottal, sorogan, menghafal ayat per ayat, menyetorkan kepada guru tahfidz dan tartil. Kata kunci: Guru Tahfid, Hafalan Al Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 07:01 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 07:01 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1639 |
Actions (login required)
View Item |