IMPLEMENTASI PROGRAM KEPESANTRENAN BERBASIS KAJIAN KITAB KUNING DI KELAS VII MTs YASPI PAKIS TAHUN AJARAN 2023/2024

Purwanti, Purwanti (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KEPESANTRENAN BERBASIS KAJIAN KITAB KUNING DI KELAS VII MTs YASPI PAKIS TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
45. SKRIPSI_Purwanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Purwanti.20610081.Implementasi Program Kepesantrenan Berbasis Kajian Kitab Kuning di Kelas VII MTs Yaspi Pakis Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi.Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam. FAI UNDARIS, 2023. Tujuan Pendidikan Nasional mengarah pada pembentukan karakter siswa, mengingat pergaulan zaman sekarang bersifat merusak, berbagai upaya dilakukan oleh lembaga-lembaga sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional salah satunya adalah menyelenggarakan program kepesantrenan berbasis kajian kitab kuning. Tujuan penelitian ini adalah untuk:(1)mengetahui implementasi program kepesantrenan berbasis kajian kitab kuning di kelas VII MTs Yaspi Pakis tahun ajaran 2023/2024, (2)mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program kepesantrenan berbasis kajian kitab kuning di kelas VII MTs Yaspi Pakis tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memahami, mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social ,sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran secara individual maupun kelompok. Lokasi penelitian ini adalah di MTs Yaspi Pakis. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Implementasi program kepesantrenan berbasis kajian kitab kuning di kelas VII MTs Yaspi Pakis dimulai dengan proses perencanaan oleh kepala madrasah dengan menyiapkan konsep, tujuan, mertode, media, guru pengajar dari program ini. Pada tahap kedua yaitu pelaksanaan yang meliputi tahap pendahuluan yaitu guru mendikte makna pegon, dilanjutkan dengan kegiatan inti guru menjelaskan kandungan kitab kuning ,kemudian diakhiri dengan penutup.Tahap selanjutnya yaitu tahap evaluasi, evaluasi dilakukan dqlam dua teknis, yakni evaluasi serentak dan evaluasi mandiri 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program kepesantrenan berbasis kajian kitab kuning di Kelas VII MTs Yaspi Pakis tahun ajaran 2023/2024 yaitu pertama faktor pendukung, datang dari pihak lembaga sekolah, pihak guru,dan faktor wilayah dan lingkungan sekitar sekolah. Sedangkan untuk penghambat yaitu latar belakang siswa, kondisi kelas, dan jadwal pembelajaran mata kajian kitab kuning. Kata kunci: Implementasi, kitab kuning

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:58
Last Modified: 26 Jun 2024 06:58
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item