MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFĪẒ AL-QUR’ÃN DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH KOTA SEMARANG TAHUN 2024

Rizqi Ni’matin Mukaromah, Rizqi Ni’matin Mukaromah (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFĪẒ AL-QUR’ÃN DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH KOTA SEMARANG TAHUN 2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
25. Skripsi_Rizqi Ni'matin.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RIZQI NI’MATIN MUKAROMAH. Manajemen Pembelajaran Tahfīẓ Al-Qur’ãn di Pondok Pesantren Al Hikmah Kota Semarang. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Masyarakat seringkali tidak memperhatikan bagaimana sebuah pembelajaran Tahfīẓ Al-Qur’ãn di pesantren diselenggarakan. Bahkan pihak pesantren sendiri dalam menyelenggarakan pembelajaran tidak menyadari jika sedang menggunakan manajemen. Sebagaimana di pondok pesantren Al Hikmah Kota Semarang yang banyak dikenal bagus oleh masyarakat karena kualitas santri tahfīẓnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) planning (perencanaan) pembelajaran Tahfīẓ Al-Qur’ãn di Pondok Pesantren Al Hikmah Kota Semarang, (2) organizing (pengorganisasian) pembelajaran Tahfīẓ Al-Qur’ãn di Pondok Pesantren Al Hikmah Kota Semarang, (3) actuating (pelaksanaan) pembelajaran Tahfīẓ Al-Qur’ãn di Pondok Pesantren Al Hikmah Kota Semarang, (4) controlling (pengawasan) pembelajaran Tahfīẓ Al-Qur’ãn di Pondok Pesantren Al Hikmah Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa manajemen pembelajaran Tahfīẓ Al�Qur’ãn di pondok pesantren Al Hikmah Kota Semarang menerapkan empat fungsi, yakni: (1) planning (perencanaan) dengan pengkondisian santri, penentuan materi pembelajaran dan waktu. (2)organizing (pengorganisasian) di dalamnya terdapat pengorganisasian kepengurusan, kebijakan, dan kegiatan. (3) actuating (pelaksanaan) yang dimulai dengan persiava, kemudian pelaksanaan setoran sekaligus evaluasi.(4) controlling (pengawasan) yang dilaksanakan dengan evaluasi yang meliputi evaluasi dalam hasil pembelajaran dan proses pembelajaran. Kata kunci: Manajemen, pembelajaran, Tahfīẓ Al-Qur’ãn, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Guru MI.
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:54
Last Modified: 26 Jun 2024 06:54
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item View Item