IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE UMMI DI SDIT IZZATUL ISLAM GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Tutik Sumiati, Tutik Sumiati (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE UMMI DI SDIT IZZATUL ISLAM GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
22. SKRIPSI_Tutik Sumiati.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK TUTIK SUMIATI . Implementasi Pembelajaran Alqur’an Metode Ummi di SDIT Izzatul Islam Getasan Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran. Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023 Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui implementasi Pembelajaran Al-qur’an metode ummi di SDIT Izzatul Islam Tahun ajaran 2023/2024 2) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Al-qur’an Metode Ummi di SDIT Izzatul Islam Kecamatan Geasanl Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu peneltian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an di SDIT Izzatul Islam Getasan;(1)Dalam perencanaan pembelajarannya guru membuat program semester dan tidak ada RPP.(2) Untuk materi pembelajaran al-Qur’an itu terbagi menjadi 9 tahapan yaitu jilid 1-6, al Qur’an, gharaibul Qur’an, dan tajwid, setelah itu ada program hafalan juz 30 dan 29.(3)Target pencapaian yang diajukan oleh Ummi Foundation adalah 1 jilid 40 pertemuan. SDIT Izzatul Islam berusaha untuk mencapai target yang telah ditentukan, bahkan ada yang melebihi dari target yang telah ditentukan. Standar minimal dalam penyelesaian materi adalah 1 hari 1 halaman, standar maksimal 1 hari 2-4 halaman. Namun semua itu tergantung dengan kemampuan siswa.(4)Beberapa hal yang perlu disiapkan guru sebelum mengajar adalah administrasi guru seperti absen, jurnal, form penilaian, alat peraga, dan buku jilid.(5)Dalam pelaksanaan pembelajaran untuk penataan ruang kelas berbentuk leter U.(6)Tahapan pembelajaran al-qur’an metode Ummi memiliki 7 tahapan pembelajaran, yaitu: pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan penutup. Faktor Pendukung Implementasi Pembelajaran al-qur’an metode Ummi di SDIT Izzatul Islam antara lain;(1)Adanya dukungan dari kepala sekolah,(2)sebagian besar guru al qur’an sudah bersertifikasi,(3)sistem pembelajaran al-qur’an mengutamakan mutu,(4)dalam metode ummi tidak banyak penjelasan sehingga anak mudah mengerti,(5)sarana dan prasarana di SDIT Izzatul islam untuk pembelajaran al qur’an cukup memadai(,6)waktu yang diperlukan memadai sesuai standar dari ummi foundation yaitu minimal 1 minngu 4 kali pertemuan dan 60 menit setiap pertemuan.Faktor Penghambat:(1)adanya guru yang izin.,(2)guru kurang disiplin menerapkan 7 tahapan mengajar al-Qur’an metode ummi,(3)kurangnya dukungan orang tua di rumah. Kata Kunci: Metode Ummi, Pembelajaran al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:49
Last Modified: 10 Jun 2024 03:49
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item