PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMELALUI METODE HANIFIDA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF PADA SISWA KELASIV DI SDN REJOSARI 02 KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANGTAHUN AJARAN2023/2024

Rodlotul Jannah, Rodlotul Jannah (2024) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMELALUI METODE HANIFIDA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF PADA SISWA KELASIV DI SDN REJOSARI 02 KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANGTAHUN AJARAN2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
20. SKRIPSI JANNAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RODLOTUL JANNAH. Pembelajaran PAI Melalui Metode Hanifida Untuk Mengembangankan Kemampuan Afektif Pada Siswa Kelas IV di SDN Rejosari Tahun Ajaran 2023/2024 . Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV di SDN Rejosari Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Pada Tahun Pelajaran 2023/2024; (2) Mengetahui kemampuan Afektif siswa kelas IV di SDN Rejosari Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Pada Tahun Pelajaran 2023/2024; (3) Mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Hanfidia untuk mengembangkan kemampaun afektif pada siswa kelas IV di SDN Rejosari Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Pada Tahun Pelajaran 2023/2024; (4) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Hanfidia untuk mengembangkan kemampaun afektif pada siswa kelas IV di SDN Rejosari Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti objek yang alamiah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan cara trianggulasi atau gabungan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi Perencanaan, pelaksanaan, dan Evaluasi (2) Kemampuan Afektif siswa kelas IV di SDN Rejosari 02 termasuk baik yang di dukung oleh pembiasaan sebelum pembelajaran (3) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Hanfidia untuk mengembangkan kemampaun afektif pada siswa kelas IV di SDN Rejosari 02 yaitu Siswa kelas IV merasakan pembelajaran PAI menjadi menyenangkan, siswa lebih berminat untuk mempelajari mata pembelajaran PAI pada pembelajaran Asmaul Husna, siswa juga lebih termotivasi untuk mempelajari pembelajaran PAI. (4) Faktor pendukung pembelajaran PAI menggunakan metode Hanifida meliputi faktor minat siswa, faktor kepala sekolah, faktor bahan ajar, faktor lingkungan sekolah. Faktor penghambat pengembangan aspek afektif meliputi faktor sarana dan prasarana meliputi sarana dan prasarana yang kurang memadai dan kurangnya fasilitas terutama masalah LCD sebagai penunjang pembelajaran PAI menggunakan metode Hanifida yang berguna untuk bagian visualisasi. Kata kunci: pembelajaran PAI, metode Hanifida, Kemampuan Afektif

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:41
Last Modified: 10 Jun 2024 03:41
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item