PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIR PANGKAT MANGUNREJO TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2023

AMIN KHOIRUZAD, AMIN KHOIRUZAD (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-MUNIR PANGKAT MANGUNREJO TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
18. SKRIPSI _Amin Khoiruzad.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK AMIN KHOIRUZAD. Penerapan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Munir Pangkat Mangunrejo Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun 2023. Skripsi. Umgaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penamaan nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan (Omeri, 2015 : 465). Dalam menghadapi persoalan dan tantangan yang semakin kompleks diperlukan generasi yang mampu berpikir kreatif dan inovatif, berkarakter dan cinta serta bangga menjadi bangsa Indonesia (Andi, Abid, Sunarsi, & Akbar, 2021:150). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Kirk dan Miller mendefinisikan penelitian kualitatif sebagai suatu tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan social yang secara fundamental bergantung pada pengamatan manusia baik dalam wawasan maupun dalam peristilahan.. Nilai-nilai yang dikembangkan seperti takwa, sabar, adil, tanggung jawab, kerja sama dan disiplin. Metode yang digunakan untuk menerapkan pendidikan karakter islam pada santri yaitu keteladanan, Berbaur dengan masyarakat, menjaga kerukunan, Memberikan nasehat atau arahan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh bahwa faktor pendukung penerapan pendidikan karakter Islam pada santri yaitu: kebiasaan dan lingkungan. Kebiasaan santri yang mana ketika kebiasaan baik yang dilakukan santri di pondok pesantren. Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter islam di Pondok Pesntren Al-Munir dilakukan dengan menggunkan metode keteladanan, kebiasaan serta nasehat atau arahan. faktor pendukung dari penerapan nilai-nilai karakter Islam pada santri berupa kebiasaan atau adat yang sudah ada pada pondok pesantren dan lingkungn pesantren yang mendukung penerapan pendidikan karakter pada santri. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, santri , Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:32
Last Modified: 10 Jun 2024 03:32
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item