IMPLEMENTASI STRATEGI COPING STRES OLEH GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SD N KEBONAGUNG 2 TAHUN AJARAN

Chamid Widyarta, Chamid Widyarta (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI COPING STRES OLEH GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SD N KEBONAGUNG 2 TAHUN AJARAN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
16. SKRIPSI-M. FATKHAN AR-20610091.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Widyarta, Chamid. 2024. Implementasi Trategi Coping Stres Oleh Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di SD N Kebonagung 2 Tahun Ajaran 2023/2024 Penelitian ini bertujuan untuk (1)Untuk mengetahui implementasi strategi copping stres yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi perilaku Bullying di SD N Kebonagung 2 pada tahun ajaran 2023/2024. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode coping stress dalam menangani Bullying. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian ini kualitatif deskriptif untuk menggambarkan fenomena sosial tindak Bullying di lingkungan sekolah. Metode ini melibatkan pengumpulan dan analisis data yang bersifat deskriptif, dengan fokus pada interpretasi dan pengungkapan makna dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi strategi coping stres oleh guru PAI dalam mengatasi perilaku Bullying telah terbukti sebagai metode yang efektif di lingkungan sekolah dasar. Strategi ini membantu siswa menghadapi tantangan mental dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik. Guru PAI memainkan peran penting dalam pendidikan moral siswa dan memberikan pemahaman tentang pentingnya menghargai sesama. Dengan menyisipkan materi agama, seperti kisah para nabi yang menghadapi Bullying, guru membantu siswa belajar dari contoh positif. Kerjasama yang baik antara guru dan sekolah membantu menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung visi sebagai sekolah ramah anak. Melalui pendekatan holistik ini, sekolah tidak hanya berhasil dalam menangani perundungan tetapi juga membentuk karakter siswa sesuai dengan visi misi sekolah. Pembelajaran coping stres meningkatkan keterampilan sosial siswa dan membantu mengatasi Bullying di sekolah dasar. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode coping stres untuk menangani Bullying melibatkan berbagai aspek. Dukungan internal, seperti kemampuan guru PAI, dukungan kepala sekolah, dan kerja sama antar guru, merupakan elemen penting yang memperkuat efektivitas strategi. Di sisi lain, tantangan membangun kedekatan psikologis dengan siswa, khususnya bagi mereka yang enggan atau takut menyampaikan perasaan, serta kesulitan anak-anak usia kelas awal dalam memahami konsep Bullying, menjadi faktor penghambat. Selain itu, ketidakpastian terkait dengan lingkungan rumah siswa dan kendala dalam membangun komunikasi dengan orang tua juga menambah kompleksitas dalam penerapan strategi coping stres di lingkungan sekolah. Kata kunci : Strategi coping stres, Bullying, Guru PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:29
Last Modified: 10 Jun 2024 03:29
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item