PENINGKATAN PRESTASI TAHFIDZ DENGAN METODE TALAQQI KELAS VI C SDIT IZZATUL ISLAM GETASAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Suwarni, Suwarni (2024) PENINGKATAN PRESTASI TAHFIDZ DENGAN METODE TALAQQI KELAS VI C SDIT IZZATUL ISLAM GETASAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text (SKRIPSI)
15. SKRIPSI_Suwarni.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Suwarni. Peningkatan Prestasi Tahfidz Dengan Metode Talaqqi Kelas VI C SDIT Izzatul Islam Getasan. Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam FAI Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS), 2024. Menghafal al Quran merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia, di hadapan manusia, terutama di hadapan Allah SWT. Manfaat maupun keutamaannya yang diperoleh dari sang penghafal, baik itu keutamaan yang diperoleh di dunia maupun di akhirat kelak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi tahfidz melalui metode talaqqi pada siswa kelas VI C SDIT Izzatul Islam Getasan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang artinya penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan proses berdaur/siklus, dengan menggunakan metode tes, obsevasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian Tindakan Kelas merupakan juga bagian dari metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz al Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi dapat meningkatkan prestasi hafalan siswa SDIT Izzatul Islam Getasan. Peningkatan dalam hal proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran tahfidz al Qur’an setelah menggunakan metode talaqqi, antusiasme siswa meningkat. Peningkatan hasil tes dalam pembelajaran tahfidz al Qur’an siswa SDIT Izzatul Islam Getasan dengan metode talaqqi juga meningkat. Nilai rata-rata pada kondisi awal (prasiklus) sebesar 78,42, siklus I sebesar 82,10, dan pada siklus II sebesar 88,68. Kemudian persentase ketuntasan siswa saat kegiatan kondisi awal (prasiklus) sebesar 47%, siklus I sebesar 68%, siklus II sebesar 100%. Hal ini menandakan bahwa penelitian ini dihentikan pada siklus II karena kriteria keberhasilan peneliti sudah tercapai. Kata Kunci : Peningkatan Prestasi Tahfidz Metode Talaqqi

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:26
Last Modified: 10 Jun 2024 03:26
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item