PERAN GURU SEJARAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH KEMBANG KUNING REJOSARI PAKIS MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Putri Ainur Rohmah, Putri Ainur Rohmah (2024) PERAN GURU SEJARAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH KEMBANG KUNING REJOSARI PAKIS MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
13. skripsi_Putri Ainur Rohmah_20610050.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI AINUR ROHMAH. Peran Guru Sejarah Islam Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran Guru Sejarah Islam dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024 (2) Karakter siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2023/2024 (3) Pendukung dan Penghambat Peran Guru Sejarah Islam dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami fenomena sosial dari pandangan perilakunya. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Kyai Abdan. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan tes. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesumpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Guru bertanggug jawab penuh atas karakter anak didiknya, maka dari itu, guru harus bisa menjadi tokoh yang menanamkan nilai-nilai tepuji bagi siswa, memperbaiki perilaku yang buruk menjadi benar dan menjelaskan apa yang harus dan tidak harus dilakukan. (2) Penanaman karakter pada siswa kelas X di MA Darul Hikmah 90 persen berhasil dengan disertai kolaborasi dengan pengaruh dari keluarga dan lingkungan. Adapun beberapa anak yang masih kurang baik karakternya disebabkan pengaruh dari keluarga yang kurang memperhatikan sehingga sudah menjadi kebiasaan kurang baik yang akan membutuhkan waktu untuk bisa merubah menjadi lebih baik. (3) Faktor pendukung peran guru sejarah Islam adalah dukungan dari beberapa pihak, diantaranya: kepala sekolah, kerjasama anata pengajar mata pelajaran lain, buk ajar, orang tua, teman sebaya, dan media sosial. Faktor penghambat penanaman karakter terbesar disebabkan pendidikan dari orang tua atau lingkungan yang kurang memperhatikan pendidikan karakter. Kata kunci: Peran guru, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:19
Last Modified: 10 Jun 2024 03:19
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item