MANAJEMEN PEMBELAJARAN IQRA’ DI TPQ BAITUL MUTTAQIEN PANDEAN KIDUL KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2023/2024

Nurul Khasanah, Nurul Khasanah (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN IQRA’ DI TPQ BAITUL MUTTAQIEN PANDEAN KIDUL KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2023/2024. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
12. Skripsi_Nurul Khasanah.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NURUL KHASANAH . Manajemen Pembelajaran Iqra’ di TPQ Baitul Muttaqien Pandean Kidul Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun 2023/2024. Skripsi. Ungaran. Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023 Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui Manajemen Pembelajaran Iqro’ di TPQ Baitul Muttaqien Pandean Kidul Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun 2023/2024 2) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Pembelajara Iqro’ di TPQ Baitul Muttaqien Pandean Kidul Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Tahun 2023/2024 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu peneltian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) perencanaan, kepala TPQ menetapkan tujuan, menetapkan prioritas dengan menetapkan sasaran, dan mengambil keputusan dengan pembentukan organisasi yang khusus menangani program Manajemen Pembelajaran Iqra’ Adapun pelaksanaan manajemen pembelajaran Iqra’ senantiasa memperhatikan berbagai aspek sehingga apa yang menjadi harapan dan cita-cita madrasah tersebut bisa tercapai, Pengawasan dan evaluasi pembelajaran Iqra’ dilakukan oleh ustadz dan penanggung jawab program, dengan tahapan-tahapan pengawasan yaitu dengan merekap pencapaian bacaan santri, mengukur kinerja santri, dan proses perbaikan. 2) a.Faktor Pendukung(fasilitas yang memadai, serta di dukung dengan visi dan misi , Motivasi belajar santri ,dukungan orang tua serta guru, prestasi , Adanya buku modul, Banyaknya pencapaian) b. Faktor peghambat (Masih banyak santri laki-laki yang belum lancar membaca Al-Qur’an, Metode iqra yang di terapkan kurang sesuai , Menurunnya minat atau niat dalam belajar, Senangnya anak dalam sosial media, Kurangnya sumber daya manusia yang mumpuni sehingga dalam hal ini kuarang memaksimalkan penerapan metode CBSA dalam iqra’) Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran Iqra’

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:16
Last Modified: 10 Jun 2024 03:16
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item